Superkomputer, Komputer Yang Tidak Super

supercomputer-940x626

Superkomputer yang identik dengan komputer berukuran raksasa, berkemampuan processing super cepat, bisa mengolah data super banyak, butuh daya listrik yang super besar, dan segala super-super yang lain, ternyata ngga lebih cepat dari komputer rumahan. Ya, komputer PC atau notebook yang biasa kita pakai sehari-hari. Lantas apa gunanya komputer segedhe metromini dijajar sepuluh itu kalau ternyata “biasa” aja? Padahal harganya juga SUPER mahal.

Sebenarnya, superkomputer hanya akan menunjukkan kehebatannya dalam kondisi “tertentu” saja. Super komputer akan benar-benar jadi super saat menjalankan software yang memang didesain khusus untuknya. Jadi jangan bayangkan bisa menjalankan software editor gambar macam Adobe Photoshop dengan kecepatan proses ekstra, atau main game Battlefield 4 dengan settingan grafik maksimum tanpa nyendat sedikitpun, atau bahkan ngetik di MS Word dengan kecepatan satu juta kata per detik (kalau ini mah tergantung orangnya😀 ).

Kenyataannya, kalau anda menjalankan Photoshop di superkomputer, maka kecepatan prosesnya akan sama dengan laptop anda. Apalagi main Battlefield 4, yang ada malah error soalnya super komputer ga kuat ngangkat tampilan grafik 3D yang wahhh itu. Hah? Kok bisa? Why? Kenapa?

Jawabannya adalah : superkomputer dibuat oleh penyihir-penyihir dari dunia antah berantah yang butuh sesaji berupa wanita muda perawan cantik yang diberikan tiap malam jumat kliwon. Aishhhhh kalo itu mah kasih saya aja deh😀 Ngga, jadi begini ceritanya…

Pada prinsipnya, superkomputer itu isinya sama kaya komputer biasa. Punya processor (CPU), memori (RAM), media penyimpanan (harddisk) dan perangkat input-output (keyboard, mouse, layar monitor). Otomatis cara kerjanya juga sama. Komponen yang digunakan pun juga tidak berbeda jauh dengan komputer biasa. Misalnya, superkomputer IBM Roadrunner dengan prosesor AMD Opteron 2210 berkecepatan 1,8 GHz. Masih kalah sama Intel Core i5 berkecepatan 2,9 GHz yang biasa dipakai di notebook kelas menengah. Memori? Roadrunner “cuma” dipersenjatai dengan memori 8 Gigabyte, sama kaya laptop Apple MacBook Pro terbaru. Laaah…kok jelek…?

Spesifikasi boleh sama, yang beda adalah JUMLAH-nya. Ya, jumlah. Apanya? superkomputer bisa terdiri dari ratusan, bahkan ribuan prosesor. IBM Roadrunner punya total 6.912 prosesor AMD Opteron. Yap, enamribu sembilanratus duabelas prosesor. Plus 12.960 prosesor PowerXCell made in IBM sendiri. Masing-masing prosesor Opteron punya dua core, artinya 13.824 core total, plus 116.640 core PowerXcell. Berarti berapa core tuh? Hitung sendiri lah ya… Belum masing-masing prosesor punya jatah memori sendiri. Tiap prosesor punya memori 8 Giga, jadi total berapa giga anak-anak? Dikerjakan dirumah ya…jadiin PR, besok dikoreksi sama pak guru.

Dengan spesifikasi dewa tersebut, IBM Roadrunner mampu mencapai kecepatan 1,042 petaflops, dibanding Intel Core i5 750 yang cuma 10,22 megaflops. Flops adalah Floating Point Operations Per Second, atau jumlah operasi matematika pada bilangan, misal perkalian, pembagian, yang bisa dikerjakan dalam waktu satu detik. superkomputer tercepat saat ini adalah Tianhe-2, super komputer buatan China dengan 33,86 petaflops.

Tianhe-2 Superkomputer tercepat made in China  - http://www.engineering.com/

Tianhe-2 Superkomputer tercepat made in China – http://www.engineering.com/

Hebat banget kedengarannya. Tapi kenapa ga bisa buat main Battlefield 4 atau The Sims 3? Soalnya, superkomputer dibuat oleh penyihir…halah sudahlah!! Sebabnya adalah game Battlefield 4 atau The Sims 3 tidak didesain untuk dijalankan di superkomputer. Untuk bisa memaksimalkan superkomputer, softwarenya harus didesain khusus agar bisa “memerintahkan” ribuan prosesor itu tadi untuk berjalan secara serentak. Atau istilah kerennya, secara paralel. Nah game The Sims 3 atau Adobe Photoshop tidak didesain untuk itu. Para programmer yang menciptakan mereka tidak menyiapkan kemampuan untuk berjalan di super komputer. Kenapa?

Pertama, karena membuat program yang bisa berjalan di superkomputer itu cukup sulit dan butuh skill khusus. Oleh karena itulah software yang berjalan di superkomputer biasanya adalah software-software yang digunakan para ilmuwan untuk mendukung penelitian mereka. Kedua, sasaran pasar software tersebut adalah orang biasa dengan komputer biasa. Ketiga, karena saya belum punya superkomputer. Ha? Apa hubungannya bung? Suka-suka donk…wong saya yang nulis😀

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , ,
Posted in Sains Populer, Teknologi
19 comments on “Superkomputer, Komputer Yang Tidak Super
  1. jampang says:

    😀
    jadi yg bikin super adalah jumlahnya yah….

  2. duniaely says:

    supercomputer ?😛

  3. Dyah Sujiati says:

    info yang menarik Bang! Satu pertanyaan : pemanfaatan ntu superkom buat apa donk?

    Ohya jadi inget belum bales komenmu di lapakku. Tentang kawah Bromo yang melebar, ada fotonya kok. Ada di sini *OOT :p

    At least, tulisan ini kacau :p

    • xrismantos says:

      Superkomputer kebanyakan dipakai buat penelitian atau simulasi, misal simulasi gempa bumi, dimana harus memproses data yang sangat besar seperti, menghitung kepadatan tanah, pergeseran lempang bumi, kondisi cuaca, dan lain2 yang kalau diproses di komputer biasa bisa makan waktu sangat lama.

      Okeee berangkat ke TKP

  4. Miftah Afina says:

    Super komputer ada hubungannya sama quantum-computing enggak, gan?

  5. xrismantos says:

    Quantum computer cara kerjanya berbeda dengan superkomputer yang udah umum sekarang. Ibaratnya kaya oven vs microwave gitu mungkin ya.

  6. Hafian says:

    Baru tahu tentang informasi superkomputer ini, Bang. Berarti tidak mendukung game juga, ya. Sayang sekali ~

    Oh, ya, salam kenal dari Surabaya😉

  7. Cahya says:

    Superkomputer itu seperti ribuan sempoa, tetap saja ndak bisa buat oncom… eh…

  8. Idah Ceris says:

    Yaudah, gak usah beli yang super2 ya, Kak. Beli gamenya saja! Wkwkwk

  9. Super informaasinya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: