Kenapa Mahasiswa Susah Diatur

Ketika mahasiswa tidak nurut apa kata dosennya, siapa yang salah? Mahasiswanya atau dosennya? Tergantung dari sudut pandang mana. Masing-masing pihak pasti bakal membela diri. Tapi ketika mahasiswa tersebut tidak nurut hanya pada dosen tertentu saja, berarti mungkin ada yang salah dengan dosennya.

Seperti halnya berhubungan dengan rekan kerja, teman sejawat, berinteraksi dengan mahasiswa pun butuh tata krama. Disinilah kita sebagai dosen sering khilaf. Kita maunya mahasiswa nurut terhadap apa saja yang kita perintahkan. Kita jadi lupa bahwa mereka juga manusia, punya perasaan dan punya sense of trade. Anda suruh saya, saya dapat apa? Why should we do what you ask?

Akhirnya kita terapkan peraturan-peraturan. Kita berlakukan hukuman dan sanksi bagi yang melanggar. Ya betul, efektif, akhirnya mereka nurut. Tapi nurutnya karena takut, takut akan hukuman, bukan nurut karena hormat, bukan karena respect terhadap dosennya. Maka muncullah gelar dosen killer.

Maka tantangannya adalah bagaimana membuat mahasiswa respect dengan kita, para pengajar. Prinsip ini kemudian berlaku: anda hormat, kami hormat. Ketika kita respect dengan mahasiswa, maka niscaya mereka juga akan respect ke kita. Terlepas dari keluhan dari kawan dosen tentang tingkat hormat mahasiswa jaman sekarang yang cenderung menurun. Semenurun-menurunnya, tetep bisa dibangun.

Pada akhirnya tak perlulah kita berlakukan hukuman-hukuman. Sense of trade akan hilang dengan sendirinya. Tidak lagi mereka bertanya “Why should we do what you ask” tapi berganti dengan “Let us do what you ask, because we don’t want to disappoint you“. Peraturan dan sanksi tetap ada, tapi sewajarnya.

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , ,
Posted in Sekitar Kita
9 comments on “Kenapa Mahasiswa Susah Diatur
  1. fasyaulia says:

    Peraturan paling ngeselin adalah kalau mahasiswa telat berlebihan, gak boleh masuk. Kalau dosen telat berlebihan, tetap boleh masuk dengan omongan : silahkan kalau mau di WO, mata kuliah ini juga yang butuh kalian, kuliah ini juga yang bayar kalian.
    Zzzz~

    • xrismantos says:

      Memang gak enak banget lho kalo lagi asyik ngajar tiba2 ada yg dateng telat, makanya banyak dosen yg sensi terhadap hal ini wkwkwk mohon dimaklumi

  2. ira nuraini says:

    jadi inget jama kuliah..kalo kita telat masuk jam kuliah, ga boleh ikut kuliah…akhirnya begitu dosennya yg telat dateng…ditinggal pergi sama2 tmn2 sekelas…begitu dosennya dateng kita kabur… hahahaha dan bapak dosen sampe harus manggil2 dan ngebujuk mahasiswa/i nya buat masuk kuliah…😀

  3. Agan Irham says:

    Hmm.. namanya anak muda, susah di atur wajar. Piss.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: