Skripsi, Sanggahan Itu Perlu

1246842

Dari beberapa pengalaman saya menguji skripsi, ada satu pola pikir yang salah dan turun temurun diantara para mahasiswa. Yaitu: Nurutlah pada apa kata penguji.

Berkat pola pikir itu, mahasiswa manggut-manggut dan iya-iya aja ketika penguji mengajukan pertanyaan, kritik, atau bahkan revisi. Padahal, ngga semua yang dikatakan penguji itu benar! Penguji juga manusia, bisa salah, bisa khilaf, bisa gagal paham.

Mahasiswa cenderung takut ngga lulus jika menyanggah perkataan penguji. Takut dianggap ngotot, bebal, dan kurang ajar atau sok tau. Padahal mahasiswa sangat amat berhak sekali untuk menyanggah, jika memang yang dilakukan itu benar.

Selain ketakutan tidak lulus, ketidakpahaman mahasiswa terhadap perkataan atau pertanyaan penguji juga jadi faktor kenapa mereka manggut-manggut dan iya-iya. Makanya, pahami betul apa sih maksud dari penguji. Kadang penguji tanya karena memang ngga ngerti. Kadang juga pertanyaan penguji menyimpang jauh dari topik. Kalo udah gitu ya harus buru2 digiring ke topik semula biar ga keterusan yang akhirnya menggagalkan ujian itu sendiri karena mahasiswa dan penguji sama-sama gagal paham.

Nah buat adik-adik sekalian yang lagi mau skripsi, kuasai betul bidang yang kamu kerjakan. Boleh-boleh aja pekerjaan itu dibantu orang lain, tapi pahami betul, pelajari topiknya dan topik2 yang berkaitan. Jika memang kamu merasa benar dan penguji mulai out of topic, sanggahlah! Jangan takut ngga lulus! Tapi INGAT, lakukan dengan sopan dan bahasa yang merendah, jangan angkuh, jangan dengan nada bicara yang tinggi. Merendah, tapi tetap tegas, percaya diri dan dengan gesture yang meyakinkan.

Gesture yang meyakinkan ntu yang kaya gimana? Ya jangan ragu-ragu kalo bicara, harus tegas! Gimana caranya biar bisa kaya gitu? Ya kuasai materi. Gimana biar bisa nguasai materi? Ya belajar! Jangan maen aja, jangan internetan aja, jangan blogging aja, udah stop baca tulisan ini, kembali ke skripsi!😀

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , ,
Posted in Sekitar Kita
3 comments on “Skripsi, Sanggahan Itu Perlu
  1. alinaun says:

    Thanks lho ini, mengingatkan banget akan keluguan masa lalu. Sekarang suka nyesel sih kalau mengingat bagaimana dulu saya presentasi skripsi,.meal I mengerjakannya saja sudah maksimal 1000%, duh. Tulisan ini akan berguna kalau saya nanti sekolah lagi.

  2. Chilly says:

    Skripsi : piye kabare? Penak jamanku to?
    Thesis : #dunanges

  3. ILYAS AFSOH says:

    Tipsnya sanget bermanfaat , jangan angkuh yang paling utama
    Motivator Semarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: