Charger Gadget Dengan Arus Lebih Tinggi

cell-phone-chargers-580x435

Sebenernya boleh ngga sih? Jawabannya adalah: BOLEH. Dan dianjurkan. Kok bisa? Gadget itu ngga rakus, dia tau batas kemampuan perutnya, ngga bakal makan listrik terlalu banyak yg bisa bikin endut. Dia hanya mengambil arus listrik yang dibutuhkan saja. Jika diberi lebih cuma diambil seperlunya. Mmmm… Sesederhana itukah? Bisa lebih scientific dikit penjelasannya? Baiklah, kita awali dengan sebuah contoh:

Gadget dengan rating arus 0.8 Ampere misalnya, jika diberi charger 2 Ampere, maka arus yang masuk adalah sesuai kebutuhannya, yaitu 0.8 Ampere. Ada bukti ilmiahnya? Ada. Dan ini adalah ilmu listrik dasar. Yang tidak boleh adalah jika VOLTASE lebih besar.

Charger USB semuanya menghasilkan output sebesar 5 Volt. Itu sudah standard konektor USB. Yang membedakan adalah resistansi-nya. Resistansi inilah yang menentukan berapa ampere yang keluar dari charger. Semakin besar resistansi, semakin kecil ampere-nya. Sedangkan ampere yang masuk ke sirkuit komponen gadget adalah sesuai dengan yang dibutuhkan. Jadi memang lebih baik ampere lebih tinggi daripada kurang.

Rating output charger, http://community.giffgaff.com

Rating output charger, http://community.giffgaff.com

Apa efek memakai charger dengan ampere lebih tinggi?
Jawabannya adalah tidak ada efek apa-apa. Mitos bisa mempercepat charging atau merusak baterai adalah tidak benar. Sirkuit elektronik pada gadget hanya akan membolehkan arus masuk sebanyak yang dibutuhkan saja. Kadang memang mempercepat, JIKA si gadget memang dirancang untuk bisa menerima arus yang lebih tinggi.

Lantas kalau pakai charger dengan ampere lebih rendah?
Jawabannya adalah tidak dianjurkan. Efeknya yang paling terasa adalah kecepatan charging lebih lambat. Atau malah ngga nge-cas sama sekali. Karena di beberapa charger canggih, justru ada fitur “fallback” yang akan mematikan arus listrik jika dideteksi sebuah gadget berusaha “menyedot” arus lebih tinggi daripada yang bisa disediakan si charger. Yang jelas, tidak ada pengaruh terhadap tingkat keawetan baterai.

Bagaimana dengan charger “kodok”?
Atau charger super-universal yang harus mengeluarkan baterai dari gadget dan dicolokkan langsung ke chargernya. Charger ini sangat berbahaya karena tidak ada yang mengendalikan arus masuk ke baterai. Bahkan lebih bahaya lagi, charger ini kebanyakan “tidak tahu” apakah baterai sudah terisi penuh atau belum. Padahal kalau terjadi over-charging, maka baterai akan cepat rusak. Bahkan terbakar. Biasanya mereka cuman dilengkapi timer saja yang akan mematikan proses charging pada hitungan waktu tertentu.

Bagaimana dengan outlet USB pada laptop/komputer?
Outlet USB pada laptop atau komputer biasanya terbatas sampai 0.5 Ampere saja. Amankah buat nge-charge? Jawabannya adalah aman. Apalagi beberapa gadget memang punya dua mode charging, yaitu 2 Ampere dan 0.5 Ampere. Sirkuit elektronik pada gadget akan mendeteksi berapa arus yang masuk dan akan menyesuaikan secara otomatis.

Jangan gunakan charger murah!
Karena komponen murah didalamnya tidak bisa menjamin kestabilan arus listrik yang keluar. Dan itu bisa membuat baterai cepat rusak.

Kesimpulannya adalah:
Memakai charger dengan arus lebih tinggi tidak akan merusak gadget. Yang merusak adalah jika voltase lebih tinggi. Memakai charger dengan arus lebih rendah hanya akan memperlambat proses charging. Tapi tidak merusak baterai. Justru si charger yang akan bekerja ekstra keras mensuplai gadget dengan arus diluar kemampuannya. Jika anda dirumah punya banyak charger dan ngga mau ribet liat kabel bersliwaran, cukup gunakan salah satu charger dengan arus yang paling tinggi.

Trus, charger-charger yang lain ngga kepake donk… Buang aja? Atau hibahkan aja ke saya😀

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , , , ,
Posted in Sains Populer, Sekitar Kita, Teknologi
124 comments on “Charger Gadget Dengan Arus Lebih Tinggi
  1. Dyah Sujiati says:

    Ampun Bang! Itu gambarnya nggak kurang ruwet lagi ta? Nggeliyeng aku

    But eniwei, nice info. kecuali endingnya, haha

  2. Aiko says:

    Jaman sekarang udah pasti deh gak bisa hidup tanpa charger

  3. Makasih Mas infonya tentang charger gadget ini. Jadi saya gak lagi repot membawa charger untuk hp yg berbeda nih Mas…

  4. jampang says:

    saya keseringan charger pake USB di laptop atau komputer, sekalian buat tethering modem

  5. jejesjeje says:

    wah, post-nya cukup ngejawab pertanyaan yg selama ini jadi misteri di kepala.. bahahahahaha..
    tapi dulu pernah pengalaman pake powerbank yang ampere-nya lebih gede tapi ga mau ngecharge gitu ke hp.. maunya ngecharge pake ampere yg lebih kecil..
    ckckckck..

  6. taalmu says:

    Bahasanya pas dan mudah di pahami,
    Thanks infonya.

  7. Cahya says:

    Lha, saya malah dari dulu suka bulak-balik charger dan ndak pernah punya masalah. Makanya sih pakai pengalaman saja, ndak pakai ilmu, asal sama-sama USB, colok saja, mau dari stop kontak atau dari laptop di meja teman sebelah, yang penting ponsel keisi lagi dayanya.

    • xrismantos says:

      Iya mas, memang ga ada masalah soalnya voltase USB semuanya 5 volt. Cuman ya itu, kalau arusnya lebih rendah maka nge-cas nya juga lebih lama. Itu aja.

      • Mas laptop saya kan acer one 10, itu casnya 5volt-2.0A, tapi pengecasan lama sekali apalagi saat sambil dipakai aktifitas daya pengisian baterai dg penggunaan tdk mengatasi, misal saya pakai cas dngan 12v – 3.5A bahaya nggak?

        • xrismantos says:

          Jangan, voltase harus sama, tidak boleh lebih besar atau lebih kecil. Yang boleh berbeda ampere, itupun harus yg amper casnya sama atau lebih besar dengan laptopnya.

  8. Kalau saya cukup bawa kabel data, ngecharge-nya nebeng laptop, xixixi…

  9. muhammad fajri says:

    mas ridwan qw mw tanya!!
    Kira2 berapa amper charger hp yg voltasenya 5,7v 800mA dan apakh bisa mencharger baterai yg berukuran 12v 5A,contoh baterai motor?
    tlng penjelasannya n kirim ke email saya,muhammadfajri212@gmail.com

    • tonzpan says:

      4.56Volt jawabannya. bukan ampere.

      Ampere adalah satuan daya (kemampuan kapasitas suatu alat elektro)
      kalau volt adalah tegangan.

      pie toh iki, masih ora ngarti juga. cak lemper cak lemper.

      Volt adalah tegangan (kalau diumpamakan = STANDAR MAKANAN ATLET MINIMAL DAGING AYAM BUKAN GORENGAN, DIKASIH GORENGAN MAKA LEMES ATAU MATI, Dikasih makanan STEAK WAGYU ya MENCRET biasa alas daging ayam (dalam case elektronik = meledak/ overheat/ korsleting).

      NAH, KALAU AMPERE TUH IBARATNYA = KAPASITAS YG HARUS DIPENUHI SI ATLET SPY DAPAT NGANGKAT BEBAN.
      MISAL : DIA MAMPU ANGKAT BEBAN MAX 200 mA MAKA DIKASIH ASUPAN (CHARGER) 150 mA NGANGKAT TAPI LAMA NGISINYA KARENA BIASA nya harus dicas dengan 200mA (dlm beberapa kasus ga ngecash sama sekali),
      KALAU DIKASIH ASUPAN/CHARGER 300mA maka ada 2 kemungkinan : waktu pengisianb lebih cepat penuhnya dari biasa atau waktu utk pengisian normal (depends dari settingan elektro nya).

    • tonzpan says:

      eh ralat Voltase harus sama 5.7 Volt, amperenya yg boleh lebih besar. Srry

    • tonzpan says:

      ga bisa ngecharge yg 12 V, karena volt nya beda 2 lipat. ga akan ngisi. sekalipun ngisi, butuh waktu hampir 2x lipat dari waktu pengisian yg biasa. Normalnya, toleransi hanya perbedaan 0.5 Volt saja baik kelebihan atau kekurangan. Tapi kembali lagi tergantung devicenya, kalau device saklek, kudu sesuai spec. ya ga akan ngecharge sama sekali.

  10. hydra says:

    saya pikir ada pengaruhnya gan kalau ampere buat nge charge terlalu tinggi,
    bbrp gadget rada sensitif komponennya, ga sekedar membatasi dengan tahanan/resistor aja,
    misal blackberry, kalau kita charge dengan ampere tinggi, baterai ga apa2, ic power yg rawan jebol gan, CMIIW

  11. Elly says:

    Totally helpful answer…top!

  12. duspresent says:

    mantap blognya, menjawap pertanyaan yang selama ini ane berusaha sendiri nyari jawabanya dg analisa praktek hehehe
    tp ada pertanyaan gan
    gimana kita bisa lihat besarnya batasan ampere yang di gadget kita
    tempat ane pake genset yang letaknya agak jauh, jadi volt yang masuk di ruma ngga sampe 220 . gtau pastinya berapa , mkin 180an yg pasti nyalain cpu ngga kuat
    ane klo ngecas lama banget, trus ane mau nyari solusinya buat nyari carger yg amperenya besar (tp sekarang belom beli) , supaya ngecasnya jg cepet , ternyata nggak ya ?
    itu gimana gan
    jadi ane mau liat besarnya batasan ampere yang di gadget , sapa tau seperti kata agan :
    ” Kadang memang mempercepat, JIKA si gadget memang
    dirancang untuk bisa menerima arus yang lebih tinggi.”
    thanks 🙂

  13. ubeid says:

    mau nambahin aja mas, biar lebih jelas..
    jadi gini, spesifikasi ampere yang ada di charger itu adalah arus maksimal yang boleh keluar dari charger, bukan berarti kalo misal charger output 2A yang keluar selalu 2A.
    masih pada inget rumus V=IxR? V (tegangan) charger itu selalu sama/tetap +- 5V, sedangkan I(arus) itu menyesuaikan dengan R-nya dimana R(hambatan) itu adalah gadget itu sendiri. masing2 gadget punya hambatan yang beda2.

    • GAPTEK says:

      Betul mas, tapi bukankah kalau dicolokin ke PLN, trus kita charge hape maka arus yg keluar masih mendekati max 2A juga (pasti ada plus minus dikit), yg belum terjawab adalah aman atau tidak ?
      Menurut saya tidak aman, IC power atau IC regulator tiap gadget berbeda spesifikasinya, jadi kalau dihantam arus gede diatas arus ijin IC, lama2 bisa modar.
      Tentu sulit mengetahui karakter IC regulator, yg paling aman ya ikuti chrger bawaan aja, kalau tertulis 500 mAh ya sesuaikan, resiko service IC power sama waktu ngecharge silakan dihitung sendiri.
      Maksud saya biar ada dasarnya, jangan pakai perasaan ; “saya pakai 2A aman2 tuh” ya bisa jadi karena IC regulatornya masih mengijinkan CMIIW

  14. icha says:

    Mas..klo hp msh br ne tp ngechargenya lama mlh kdg ga bs penuh.gmn y tu?tolong dijawab y mas.thx b4.

    • GAPTEK says:

      Bantu adminya yg kliatan masih sibuk hehehe..
      Kemungkinan besar chargernya ga benar, artinya efisiensi outputnya rendah, jadi ngechargenya lama.

      • icha says:

        Tp udah coba charger lain,malah coba tukaran baterai yg hp nya sama tetap ky gitu juga.kira2 kenapa ya tu mas?

        • GAPTEK says:

          Numpang ijin sama admin buat jawab, mbak icha sudah coba ganti charger, kita asumsikan aja chargernya lebih bagus, bahkan ganti baterai juga, namun hasilnya sama, kesimpulannya hh nya yg bermasalah,
          Asumsi saya ada bagian yg ga beres, karena masih ga bisa full juga, cuma ini asumsi karena saya ga tau berapa % max yg dicapai, kalau kisaran 98%-99% ini normal aja, atau coba mbak icha charge hh nya dalam keadaan off.

        • azis says:

          Mba Icha, saya jug punya pengalaman yang sama dengan anda. Saya gunakan Samsung Grand II, baru 1 bulan saya gunakan…ketika dicharge tidak penuh sampe 100% cuma 80% mentok. Akhirnya saya coba hard reset hp nya dan berhasil bisa dicharge sampe 100% normal.
          Coba lakukan cara diatas (hard reset / restore default), jika ini tidak berhasil coba lakukan update firmware nya.
          Thanks semoga bisa membantu masalahnya.

  15. Akhmad Bagir says:

    Saya juga punya masalah kalo ngeharge pake powerbank
    Begini mas , saya punya tab sm-p5100 ukuran batrai 6000mah , saya coba , chargr pake powerbank , yg ukurannya , 12000mAh , dan apa yang terjadi , batrai tab saya tidak terisi penuh dan daya dalem powerbank juga terkuras habis , padahal , jelas jelas , batre tab membutuhkan 50%nya aja dari daya powerbank ,.
    Yg saya mau tanyakan mas ,
    Dari pengalamn saya diatas , caraatau dengan alat apa saya bisa ngecek daya powerbank , dan pakai , chager apa yg sesuai dengan tab saya , trimakasih mas , ditunggu jawabannya ,
    Salam sukses🙂

    • GAPTEK says:

      Kayanya pb nya yg ga bener…12000 mAh….hmmmm
      1. Ada cara sederhana ngeceknya mas, kosongkan pb nya, dicharge dengan charger 1Ah,
      Kapasitas berbanding lurus dengan waktu pengisian, butuh waktu 12 jam untuk full, kalau 3 jam sdh full berarti ga bener kapasitasnya.
      Dan perhitungan tab membutuhkan 50% dari kapasitas pb itu kurang pas, belum terhitung efisiensi, convention rate.
      PB sekarang sdh ga karu2an, jadi susah kalau tidak ngecek realtime cmiiw

      2. Charger yg sesuai dengan tab nya mas, yaa charger bawaannya lah.

  16. Ardhianr says:

    Bagus sekali artikelnya. Akhirnya menjawab kebingungan says yg pertama, yaitu dampak ngecas HP 1A dgn charger/power bank 2A.

    Saya mau Tanya, bagaimana kita mengecek Isi data pads power bank yg sebenarnya,? (Selain cara ngecas pake charger 1A)

    Powerbank apa yg mas rekomendasikan, yg Isi daya nya paling mendekati yg tertulis?

    • GAPTEK says:

      Ada 2 cara, yg tentu jauh lebih susah, dibuka aja pb nya, terus lepaskan baterai cellnya, dan ditest dengan alat khusus utk mengetest baterai,
      kedua liat baterainya, kalau tercantum merk tertentu coba ke situs produsennya, sesuai ga spesifikasinya (rata2 2700 – 2800 mAh, diatas tersebut biasanya palsu)
      terus ada merk tertentu yg bisa dicek dengan cara registrasi ke produsennya (utk menghindari yg palsu)

      Bicara merk tentu ga etis mas, tapi bisa diliat review dari beberapa org pengguna powerbank (misal di kaskus)

    • bom bom says:

      Pb murah. Di saran kan pake battray hh ukuran 1500mah 4 buah..di pararel cara pasang nya bat (+) ke (+)pd dan yg (-) di gabung dgn konektor batt yang kosog. Lalu sambung k (-) pb insya allah pb harga 30rb brasa pb 200rb

  17. icisen says:

    Oh br tau biar pk 2A tapi arus yg masuk k hp tergantung hp nya y,tapi pengalaman android ​​Kalo pk charger bb knp kadang touchsrennya jd ngaco gt ky nyentuh2 sendiri,itu knp om ?

  18. leesoofhie says:

    Kalo charger yang Ori itu outputnya 5.0V/1000mA, terus di charge pake yang outputnya 5.0V/500mA tapi charge merek brand yg sama itu cepet rusak tidak😀

  19. ryu says:

    Sama ama pertanyaan diatas tp sdkt lbh spesifik..hh sy pake charger 1.35a. Kalo pake pb bagusnya yang output 1a atau 2a gan?soalnya br dsini yang bilang kalo ampere lbh bsr lbh baik dr ampere lbh kcl.hehe.soalnya kalo pake 2A jauh lbh besar.lebih dekat ke 1A.tq atas jwbannya

  20. eka says:

    Mau tanya,klo lg ngecas pas di cek di apk baterai tertulis charging (usb) ngga mau charging (ac) ,solusinya gimana? Klo yg keluar usb lama penuhnya n cepet panas jg hp nya.

  21. Gan saya kan pake hp advan gaia mini casan ory nya cuma 0.5 amp kalau saya pake casan 1.0amp itu aman gak yah

  22. Agus says:

    Mas Xrismanto, kok bisa bertolak-belakang ya dengan info di lombokjempling.blogspot.com/2014/06/dampak-negatif-penggunaan-power-bank.html?showComment=1422786354029&m=1#c7051883998675623180

    • xrismantos says:

      Sebenarnya yang merusak baterai ketika men-cas dengan powerbank adalah kestabilan arusnya. Terutama pada powerbank abal-abal yang komponennya murahan, tidak bisa menjamin kestabilan arus listrik yang masuk ke gadget. Jadi pakailah power bank yang asli dan memang berkualitas biar awet gadgetnya🙂

  23. rizki says:

    Maaf darurat tolong bales ke email saya ya

    Jadi saya chatger nya rusak trus sementara saya pake charger lain.kalo di liat detail nya boleh ga ya?

    Ini spesifikasi nya

    Yang rusak : input:100-240v -50/60hz 150 ma
    Out put: 5.0v_700mA

    Yg sekarang dipake : input:150-240v 50/60hz 0,2A
    Output : 5.1_0.7A

    Jd boleh ga?

  24. sidoy says:

    klo chager ori BlackBerry q10 pke brpa MA? soal nya charger bawaan nya kaga ada.

  25. Hilmyansyah says:

    Om saya mau nanya nih, kalo output voltase power bank nya lebih kecil dari charger bawaannya gimana om? apakah akan memperlambat pengisian batterai? Ini spesifikasi powerbank dan charger bawaan nya om

    Powerbank :
    Input DC 5V/1A
    Output DC 5V/1,5A

    Charger bawaan :
    Input 100-240V 50/60Hz 0.25A
    Output 5.2V 1.35A

  26. mantap… nice info, klo 4,5V (pakai adaptor) aman gak buat ngecas handphone bos?

  27. al says:

    Mau nanya dong, td aku beli chargeran merknya si samsung. Harganya 35rb. Nah udah gitu aku ngecharge hp kk aku bb onyx pake chargeran itu. Tiba2 ada bunyi ngebeletak gitu terus langsung listrik ngejepret. Nah skg hp kk aku ga bisa di charge lagi meskipun pk chargeran yg lain. Itu knp ya? Mohon dijawab ya soalnya aku takut kl hp kk aku rusak nanti dia marah:(

  28. choirul says:

    lalu bgai mana bila ngcas bukanya ngisi malah ngurang baik lewat leptop atu dgn charger lain sudah dgn charger output nya 5v / 2A

  29. suparmo jateng says:

    Menurut saya,disesuaikan dgn kpsitas sesuai charge origin,karna gadget yg kt gnakan sudah dsesuaikan dgn perangkat lain yg menyertainya,kalo keluar dari spec psti ada akibat

  30. Hendan says:

    Good info

  31. joeseph says:

    Mas ,,hape saya kok ada tanda petirnya yah ?? Padahal gk di charge..?? Mohon jawabannya……thanks…

    • garmol says:

      kemungkinan ada short pada konektor dan sekitarnya atau ic powernya error atau bisa jadi dari sisi softwarenya… cmiiw

  32. El says:

    min mau nanya, tab aku kapasitas batrey.nya 3600… trus carger bawaannya udh lama rusak, nah sekarang aku cas pake carger hp yg satunya asuz zenfone… tapi penuhnya luamaaa banget, bisa sampek 8 jam , tapi ga mengurangi kinerja batreynya…
    menurut mimin saya harus ganti carger yg amperenya lebih gede apa stay sm carger yg ini… ?

  33. ricky says:

    min, saya mau tanya, saya punya charger tab yang susah dicari, outputnya 12V / 1.5A. Amankah jika saya merakit sendiri dengan adaptor yang dibeli di toko elektronik dengan output yg sama pula? maksud saya rakit disini, saya cuma ganti socket charger untuk masuk ke tab saya. teriakasih.

  34. Jojo says:

    Maaf mas numpang tanya. Stlah baca dari atas smp kbawah. Ane mw tnya. Ane punya powerbank 14rb mAh. Itu kalo sya charge pake PSU DC yg bisa diatur volt & amperenya. Kalo ampere mentog 5A tp kalo voltnya bsa ampe 30V. Nah misal pb tsb dikash tgangan Volt bsar katakan 12V ampernya 5A aman ga ya?ane krg yakin dgn charge yg bli bsa 2 output 1A n 2A merk welc*me. Soalnya kalo ngecharge itu pake yg usb 2A kalo dah naik ke led kontrol 2. Kog tba2 selang beberpa waktu dia balik lg ke led 1 ya? Apakah batrenya yg soak ato chargenya yg soak ya? Pada saat menulis ini saya coba pake 5V amperenya otomatis alat menunjukkan 2.261A…mhonkoreksinya ya…

  35. risaditya says:

    Invite pin saya ya grosir kosmetik dan Hp 2BBFF65D.
    Nah,saya pakai BB Z10,kalo ngecas baterai pakai charger bawaan hp,itu sangat lambat,bisa sampai 3 jam baru full,tpi pas pakai charger merk lain,saya cuman btuh 1 jam baterai sdah full.slama ini aman2 saja,thanks cuman berbagi pengalaman

  36. risaditya says:

    Bagi teman2 yg nyari baterai double power dgn kapasitas real invite aja pin saya 2BBFF65D buat admin mksih bnyak ya

  37. Diana Octavia says:

    Mas saya mau nanya. Hp saya sewaktu tidak di charge tiba2 suka dalam keadaan mengisi sendiri. Bahkan dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke kabel charge’an pun hp saya menunjukan ikon baterai mengisi, tapi sebenernya isi baterai juga gak sesuai dengan isi yg ditunjukan hp nya. Padahal sudah coba pakai baterai dan charge’an lain. Jadi bingung saya, ada yg bilang kalau IC charge nya bermasalah.

    • xrismantos says:

      bisa jadi memang IC nya yang bermasalah atau baterainya yang ngedrop. Udah coba factory reset? Kalo masih ngga mempan mendingan dibawa ke servisan.

  38. Aditya Ramadhan says:

    saya mau tanya mas, kalau saya beli adapter charger nya aja yang 2A tapi kabel data nya beli terpisah, apakah akan berpengaruh atau tidak ada pengaruh pada arus listrik yang masuk ke smartphone? (tetep 2A apa malah berkurang?)

    • xrismantos says:

      Secara teori ngga ngaruh. Tapi perlu diingat kualitas kabel beda2. Ada harga ada rupa. Kabel yang asal2an tentu beda tingkat kestabilan arus dan hambatannya dengan kabel yang bagus.

  39. Mas kalo pake powerbank dgn voltase lebih tinggi 0,3 volt dari charger bawaan efeknya apa ya ke gadget?

  40. mustaqim says:

    Q punya power bank merek asus input 2A pas q isi dengan cherger bb ko g bisa ngisi, klo q pakai cherger asus dengan input 2A dari pinjeman temen q bisa terisi,inti q mau beli chergeran yg input 2A dimana y?sebab q udah cari kemana2 dr toko satu ketoko yg lain g ada ada nya inputnya dibawah 2A,tolong infonya!!!!! Ke email ini taicimtakmenyerah@yahoo.com

  41. aimz says:

    hp gua mah charger.y ckup pake usb di celupin di bensin.1 detik penuh…jhahahahah

  42. Sammy says:

    Mas , mau tanya. Ane kan pake asus z5 , tapi kabel USB udah mau putus ni. Penggantinya kira kira yang merk apa yang pas ?
    Makasih..

  43. Angga says:

    mas mau nanya kalo misalnya saya ngecas iphone 4s menggunakan kepala bb ga apa-apa kan atau gimana? tapi kabel iphone 4s soalnya ilang yang saya ketinggalan:( makasih

  44. ranna says:

    Makasih kak. Ngebantu banget. Saya ada pertanyaan nih. Skrg kan bnyk charger yg sekalian kabel data. Kalo kabel data saya yg rusak krn colokanny itu bengkok trs ganti kabel data lain tp kepalanya masih pake merek samsung kabel data sony. Boleh gak kak? Atau bisa mempengaruhi?

  45. alex says:

    Gmna cara atasi hp klw d cas klwar tulisan tagangan terlalu tinggi mohon infoxa gaan..

  46. alex says:

    Pusiing… mohon bantuanya gan.

  47. mangjagau says:

    *saya beli charger yg harga 25rb mereknya sih s*****g baru pake 3x charger kebakar n hp rusak komponen charge nya.. apa sebabnya ya?
    *n klo nge charge pb n pb nya jg terhubung ke hp aman gak?

  48. Agus liaw says:

    Gan saya mau nanya
    Saat ini smartphone sudah menjadi bahan keperluan dan kebanyakan charging nya 5V dan 1A
    Apakah bagus kalau hp saya di charging menggunakan arus yang tinggi dengan ukuran charger nya 5,2V dan 2,4V
    Tq

  49. kukuh says:

    mau tnya gan. Hp aku dlu pake charger hp lain. Trus aku ganti ama yg ori tapi ko touchscreennya malah jumping (loncat) sndiri yah?

  50. toni subagja says:

    maaf mas kalo misalnya tab saya di cas terus saya mainin juga, kok baterainya malah terus turun y. itu knp? terus solusinya gimana?
    terima kasih.

  51. Angga says:

    Maaf mas ini sayabkan baru beli kabel iphone yg ori tp saya pake kepala charger bb trus, lah stlah bbrpa hari ini kok kabelny ngga bisa lg ya mas dsmua kepala charger cman mau dkpla charger advan mlik teman itu aja, apakah hrus beli kepala charger dgn arus yg lebih besar lg agar ttp bisa ngeces, tlong dbantu

  52. Rezha Hendya says:

    Maap nie aku gak tw mungkin kelewatan n juga gk mau ribet tentang urusan ampere soalny fisika dpt jelek, untuk output yg paling cepet bkin batre full 5.0 V ;;2.0A ato 5.0 ;; 1.5A??
    Ya mungkin juga ada refernsi yg pke SG T211 pke cas apa yg bisa bikin batre cpet penuh secara umumny aja!!
    Matur suwun dulur sebelum e

  53. Tino Baprico says:

    mas,kalau saya pakai pakai charger yang sama cuma kabel usb nya aja yang saya ganti?ada pengaruh ga?menurut saya sih ngak ya..tp msh kurang yakin

  54. Ahamad Abrori says:

    Bagaimana jika voltase sebuah power bank itu 5.1 volt, apakah masih aman digunakan utk hp yg inputnya 5 volt saja guys ?
    Thank’s

  55. Kristian agUSto says:

    nanya brow,Q Pny baterei Bor Merk dewalt.Q m0 pake buat PB.Skema rangkaian dah tau.diBaterei tertulis12v 2A.Q turunin jd 5V.trus dng Arus 2A,aman dan awet G buat hP Asus Q.?
    thanx

  56. endik oks says:

    mis gan.mau tanya
    lw batrey dgn 4,8V/250mA d Cas dgn Cas an 5,7V/800mA kira2 rusak g batrey a
    mkasi sblum a

  57. roman widodo says:

    pengalaman saya ngecas hape baterai 2000 mah kebawah kalau pakai cas tab lebih cepat penuhnya….

  58. Aang Budi Prasetiya says:

    Bos mau tanya?
    Ces bawaan hp saya Input : 100-300V 50/60Hz 0.15A
    OUTPUT : DC 5.0V 1A

    Ces yang Saya Pakai
    Input : 100-240V 50/60Hz 0.25A
    OUTPUT : DC 5.2V 1.35A

    Aman atau tidak bos. Terimakasih

  59. Guruh Rahman says:

    Menurut mas rismanto atas kasus ini” Karena di beberapa charger canggih, justru ada fitur “fallback” yang akan mematikan arus listrik jika dideteksi sebuah gadget berusaha “menyedot” arus lebih tinggi daripada yang bisa disediakan si charger. Yang jelas, tidak ada pengaruh terhadap tingkat keawetan baterai.” Bisa merusak si chargernya ga kira2?

  60. aNgGaBOYZ says:

    Met siang gan’ saya sering bgtt nemuin powerbank yang Ori dan Yang ga ori volt nya itu ga nyampe 5v tapi 4,9 itu menurut agan masih aman ga, ada juga yang 5,3 itu juga aman ga gan terimakasih

  61. dadan says:

    Gan mau nanya ,,,??? Hp saya tablet note 10.1 n8000 jadi kalo di cas lama ngisi,padahal saya pake yg ori 5v 2amper,kalo misal kan saya pake carger yg 5amper bakalan masalah gk ya mas,,???

  62. agung says:

    kalau..
    Casan bawaan hp saya Input : 100-300V 50/60Hz 0.15A
    OUTPUT : DC 5.0V 1A

    Casan yang Saya Pakai
    Input : 100-240V 50/60Hz 0.25A
    OUTPUT : DC 5.2V 1.35A

    Aman atau tidak. Thanks

  63. Mahendra says:

    Bos mau tanya?
    Ces bawaan hp saya Input : 100_240V 50-60Hz 0,25A
    OUTPUT : DC 5,2V 1,35A

    Ces yang Saya Pakai
    Input : 100-240V 50/60Hz 0.35A
    OUTPUT : DC 5.0V 2,1A
    Aman atau tidak bos. Terimakasih
    Kirim ke email saya ya..☺

  64. Regita Marsela says:

    bagini mas, saya mempunyai tablet advan vanbook w100, yang baterainya 6000 mah, nah kabel datanya tiba tiba rusak (yang rusak kabel datanya 1,5 A), kepala chasnya tidak bermasalah, saya ingin membeli kabel data yang baru, yang bagaimana yang harus saya beli? apakah boleh kabel data apa saja? apakah boleh saya beli kabel data yang 2,1 A?
    mohon di respon ya mas, terimakasih bantuannya

  65. siswanto says:

    Bos hp sy sony xperia t2 ultra…problem di cas tidak terisi/ gk mau ngecas..jd pake charger apapun tidak terisi..tp kl charging di laptop bisa terisi..itu knp ya bos..hrs pake apa charger ny..?thanks

  66. sayful says:

    Gan kalo ampere 2.1 itu berapa mA

  67. Budi says:

    Gan mw nanya soal charger
    Yg asli
    100-240v-50/60hz
    5.0v_550ma

    Yg q pkek
    100-240v-50/60hz
    5.0_1000ma

    Apa yg trjdi gan pd hp sya jka mA nya tdk sma

  68. ian says:

    gan mu nanya 1,35 amper brapa mh?

  69. affan says:

    mas, mau nanya,, kalo nge cas HP pake adaptor yang memiliki output 12 v akan apa yang terjadi mas?

  70. Deden says:

    Mau nanya… perasaan yg ane baca dari atas output mulu yah? Terus artinya Input tu apa ya?

  71. zaky says:

    Bos, tolong kasih.
    charger android paling cepat pengisian baterai itu, outputnya berapa ?, inputnya berapa ?

  72. zaky says:

    sorry.. (kasih tau) yg aku maksud… hehheh

  73. Nisaa says:

    Maaf saya mau tanya…
    Sya bli smartwatch batere ny 380 mah trs voltage ny 3,7 v charge voltage nya 4,2 v.. Kira2 nge charge ny hrs pke yg gmn ya? Soalnya cuma di kasih kabel usb nya aja..

  74. Ibnu says:

    Dalam proses mencargerr hp, yg berpengaruh APAKAH kepala nya atau kabel nya???

    Misal sy punya kabel data ORI lalu sy pakai kepala merek lain, ngaruh ga

    Atau dibalik kabel biasa tapi kepala charger ORI

    Mana yg lebih berpengaruh atau bagus???

  75. Ikhy says:

    Mas ane punya ipad trus retednya 5.1V ~ 2.1A max,, bisa pake charger samsung 9.0V ~ 1.67A or 5.0V~2.A ?? Mohon penjelasan gan

    Mksh

  76. dwi says:

    mau tanya kak, kalo misalkan ngecas pake yang 1 A atoupun 2 A gak masuk-masuk, mentok aja di 0 % solusinya gimana yah ??

    makasih sebelumnya ^_^

  77. angel ucule says:

    mas..mau tanya agak darurat tolong balas ke email : angel_ucule@yahoo.com

    saya punya alat semacam GPS yang biasa dicas di rumah. lihat di adaptornya sbb:
    output 12v — 1,5a
    kalo batrenya 800maH.
    rencana saya pengen bisa dicas pakai aki 12v. pertanyaan saya apakah bisa langsung cas dari aki yang tersambung ke power plugnya tanpa adaptor (kalo pake adaptor mesti pakai inverter kan mas?. ribet lagi). lalu bisa ga kalo pakai sambungan konektor USB supaya mudah lepas pasang dari akinya? atau sebaiknya pakai sambungan apa gan..
    tolong dibantu para master yaa.. tks.

  78. Al-Dhyo says:

    Bang kalo 1,35 Ampere itu bagus.a pake pb yg 2 Ampere yahh?

  79. terima kasih atas artikelnya mas,
    bila boleh, saya mau menanyakan lebih lanjut. Bagaimana bila arus voltase keluar lebih besar 0.2V (charger ke-1= 5V, charger ke-2= 5.2v) apakah akan mempengaruhi kerusakan terhadap device?
    terima kasih

Leave a Reply

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
