Angkut Tongkol Pakai Kapal Induk

20sino-carrier01-tmagArticle

Tau ngga, alasan sebenarnya kenapa tembok besar Cina jadi keajaiban dunia? Karena panjangnya? Umurnya? Kekuatannya? Salah semua😀 Jawabannya, karena tembok besar Cina adalah satu2nya produk Made In China yang paling awet😀

Pastinya bukan itu donk alasan sebanarnya. Well saya ngga akan panjang lebar menceramahi anda dengan sejarah karena simbah Google sudah bisa cerita banyak tentang ini.

Gebrakan terbaru yang “ajaib” dari negeri yang berjuluk tirai bambu ini adalah peluncuran kapal induk. Hah? Ya, kapal induk yang super buesaarrr itu, yang bisa menampung puluhan pesawat tempur, yang panjangnya hampir empat kali lapangan bola.

Adalah Liaoning, kapal induk terbaru besutan Cina. Ex kapal induk Soviet seberat 67.500 ton bernama Varyag, yang dibeli pada tahun 1998 dan di-refurbish hingga peluncuran perdananya di Agustus 2011 lalu. Yah ternyata ngga jauh-jauh dari keahlian Cina dalam hal “mendaur-ulang”. Jadi ingat Playstation 3 versi refurbish yang saya beli dua tahun lalu😀

Tapi tentu ini bukan refurbish main-main. Bikin kapal induk itu ngga semudah membalik telapak kaki bung!! Kabarnya, sebelum diangkut ke dermaga Dalian, kapal Varyag terlebih dahulu di-preteli semua sistem senjatanya, termasuk mesin propulsinya.

Menilik mesinnya sendiri menarik, karena umumnya sekarang kapal induk dilengkapi dengan pembangkit nuklir, Liaoning malah mengandalkan steam turbines, alias mesin uap. Tentu saja bukan mesin uap kuno milik kapal-kapal jadul macam Titanic atau Van der Wijk yang lagi ngetop itu, tapi sistem baru yang lebih efisien dan bertenaga. Tapi tetep aja saya hampir menepuk jidat (pake palu lagi) saat mendengar bahwa kapal ini masih pakai mesin uap.

Biarpun begitu, kapal ini adalah “the real thing”. Ngga main-main. September 2012 kemarin sudah dilakukan ujicoba lepas landas dan mendarat pesawat tempur Shenyang J-15. Dilengkapi dengan persenjataan modern seperti close-in weapon system (CIWS) untuk perang jarak dekat dan air-to-air missile atau rudal untuk perang udara. Dan sistem persenjataan serta radar canggih lain. Berarti kapal ini udah benar2 siap pakai.

Jeroan Liaoning

Jeroan Liaoning

Tapi tetap aja ya, kalau ingat produk Cina yang aneh-aneh belakangan ini (seperti powerbank yang isinya cuma satu sel baterai dan sisanya adalah kantong pasir), pikiran saya jadi parno. Jangan2 kapal induk ini luarnya aja yang keren. Dalemannya cuman kapal kayu yang udah penuh tambalan dan dipake buat ngangkut beras sama ikan tongkol? Atau jangan-jangan perakitan kapal induk udah mulai jadi industri rumah tangga disana?😀😀

*) gambar diambil dari :
http://sinosphere.blogs.nytimes.com/
http://chinesemilitaryreview.blogspot.com

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , ,
Posted in Sains Populer, Sekitar Kita
11 comments on “Angkut Tongkol Pakai Kapal Induk
  1. nuzulul says:

    Uaapik mas. Indonesia malah lebih joss. Dinding ruang karaoke bahannya dari gepokan duit. Ibu negara nggak bisa tidur malam gara-gara mikir instagram. Jajal onok negeri sing model ngunu gak hayo?😀

  2. Kapal induk ini terinspirasi oelh Film 2012 yang disebut Bahtera😀

  3. Agung Rangga says:

    besar banget~😯
    berarti mirip ‘pulau-yang-berjalan’ ya~😆

  4. Ririn Setia says:

    lumayan besar juga ya mas kapal nya. Pasti bisa ngangkut barang banyak tuh:mrgreen:

  5. anton says:

    kreatip kasih judulnya baru kali ini ada key liaoning + ikan tongkol,
    soal kecanggihan kapal perang china itu sudah diatas rusia lho, why? karena industri galangan kapal perang rusia ketinggalan di ukraina saat uni sovyet bubar. terakhir rusia harus pesan kapal dari prancis. dan kabar terbaru mau pesan hull kapal ke china.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: