Catastrophic Failure

IDE Visual Studio 2005 sangat hebat karena dia punya compiler yang terus menerus berjalan di background dan mengoreksi baris demi baris kode program agar cepat ketahuan kalau2 ada kesalahan dalam penulisan sintak dan juga tugas2 otomatis lainnya yang bisa dilakukan karena aktivitas background compiler ini. IntelliSense misalnya.

Eventhough there is one big drawback. Kalau project yang dikerjakan tergolong besar, bahkan sampai melibatkan source controller, maka VS2005 akan berjalan lambat seperti liliput. Tidak menutup kemungkinan pula terjadi error yang tak terhindarkan – catastrophic failure- seperti yang baru saja saya alami. Error ini terjadi pada background compiler. Untungnya saya tidak kehilangan kode yang saya tulis.

Kejadiannya sungguh instan, ketika sedang menulis kode, tiba-tiba muncul dialog yang menyatakan sebuah error pada compiler yang mengharuskan VS2005 ditutup secara paksa (sy biasa menyebutnya dialog “Don’t send”) Tentu saja saya kaget setengah mati. Dokumen source code yang saya kerjakan juga belum disave. Terbayang kalau2 harus mengulang semuanya dari awal…berapa jam kerja yang akan terbuang….

Tapi ternyata tidak seburuk itu. Yang dinyatakan error dan harus ditutup adalah background compiler, dan bukan keseluruhan IDE. Untunglah…sebuah tarikan nafas serasa menyegarkan seluruh pembuluh darah. Sebuah dialog muncul untuk memperingatkan agar segera men-save dokumen dan me-restart IDE. Namun karena tanggung, saya lanjutkan saja beberapa baris kode daripada nanti kelupaan. Karena ketidakadaan compiler tersebut, IDE Visual Studio 2005 terasa bagaikan notepad biasa, tanpa bantuan autocompletion dan auto error check yang biasa memanjakan para coder. Dan tentu saja, sangat cepat dan responsif šŸ˜€

Apa sebaiknya compilernya dimatikan terus saja ya…

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Posted in Pemrograman
2 comments on “Catastrophic Failure
  1. redesya says:

    Yang ini aku benar-benar tidak ngerti kak..

    *bingung mode on/off

  2. renxe says:

    hehehe..maaf ra, cuma pengen menumpahkan unek2 aja koq ^^

Leave a comment

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com