Beli Mobil Atau Gembreng?

your-very-own-car_o_211135

Gara-gara kemarin liat pameran mobil di Mall Olympic Garden (MOG) Malang, saya jadi nyadar, betapa tipisnya plat bodi mobil-mobil baru saat ini. Coba tekan pakai ibu jari dengan sedikit tenaga, maka panel bodi mobil akan segera meleyot kedalam. Awalnya sempet ge er, apa gara-gara abis nge-gym jadinya kekuatan otot meningkat😀

Saya jadi ingat insiden beberapa bulan yang lalu, dimana saya dengan memalukannya menyerudukkan mobil saya ke mobil tetangga. Malem sekitar jam 22.00, gelap pastinya, ditambah cuaca gerimis. Saya mundurin tuh mobil, sementara dibelakang ada mobil tetangga parkir. Karena udah merasa jago, saya ga noleh belakang, cuman berbekal kaca spion aja. Ternyata haluan yang saya ambil kurang, bruaaakkk!! My God.

Hasilnya cukup mengejutkan. Ekor mobil saya baik-baik aja, cuma bemper yang emang terbuat dari plastik sedikit lepas dari dudukannya dan pecah agak lebar. Sedangkan mobil tetangga? Parah. Fender dan bemper depan meleyot kedalam sampai nyentuh ban depan. Bahkan ada bagian bodi di sekitar fender yang patah. Bisa dikatakan, penyet.

Untung ngga kena lampu depan yang harganya jutaan rupiah. Sayang ngga sempet ambil fotonya gara-gara masih shock.

Mobil tetangga yaitu jeep Grand Vitara keluaran tahun 2010 vs gerobak saya Mitsubishi Lancer tahun 1995, sedan. Kalau dihitung usianya selisih 15 tahun, ibaratnya gerobak saya kaya simbah-simbah yang udah renta dan mobil tetangga bak pemuda gagah nan keren. Tapi begitu diadu gulat, simbah masih perkasa.😀

Memang mobil-mobil mainstream jaman sekarang dituntut macam-macam. Berharga murah, namun disisi lain dijejalin fitur sebanyak-banyaknya. Akhirnya kualitas plat besi pembentuk bodi jadi salah satu yang dikorbankan. Beda banget dengan mobil-mobil jadul yang bodinya keras bak tembok.

Tapi ada keuntungannya juga plat tipis gini, kalau penyok gampang diperbaiki. Kaya botol air mineral, penyok, diketok dari dalam, dan…pluk, balik ke bentuk semula.

Ketika ada temen mau beli mobil Honda keluaran terbaru, Mobi*io, dikomporin deh sama temen-temen yang lain. “Ngapain beli Mobi*io, gembreng gitu dibeli”. Gapapa lah, biarpun gembreng tapi kan udah ga kehujanan, ga kepanasan, buat ngangkut anak istri mudik juga udah sangat mumpuni, lagian bentuknya keren dibanding gembreng-gembreng yang lain, gitu deh bela saya ke dia.😀

NB: Gembreng = kaleng.

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , , ,
Posted in Sekitar Kita
20 comments on “Beli Mobil Atau Gembreng?
  1. aqied says:

    Saya masi pake kudabesii. Besok2 deh kali kali ad pangeran yg kasi kuda jingkrak. Gembreng jg gak kalo itu?

  2. Dyah Sujiati says:

    Menu makanan baru ya? Fender penyet. :p

    Kamu kok belain temenmu, sih Bang?
    Lha kamu mau ngangkut apa?😀

  3. Kimi says:

    Aku tetap pengen punya Mini Cooper. * *ngimpi* *

  4. jampang says:

    pernah denger kalimat…. kenapa mobil asia bodynya tipis dan mobil eropa boydnya tebel? mobil eropa didesain untuk keselamatan penumpang kalau terjadi tabrakan. mobil asia dibuat bukan untuk ditabrak2in😀

    berlaku juga untuk barang yang lain

  5. duniaely says:

    baru tahu nih kata gembreng😛

  6. Rivanlee says:

    hompimpa alaium gembreng

  7. enha says:

    bahan baku murah = cepat rusak = konsumen cepat utk beli produk yg baru lagi
    produsen memang pandai.😀
    salam kenal bang, maaf kalo saya kurang sopan, baru sekali datang sudah nylonong tanpa permisi. :v

  8. ronal says:

    smua mobil baru rata2 gitu mas bahannya…empuk..kalo penyok jemur aja ntar juga rata lagi hahaha..
    Makanya dealer berani kasih garansi ANTI KARAT, lah wong bahannya fiber atau mungkin plastik gimana mau karatan :wkwkwkwk

  9. jejesjeje says:

    menurut kabar burung yang beredar, setelah krisis tahun 98 emang bahan baku buat mobil sama motor itu diturunin kualitasnya buat jaga harga biar ga melonjak banget.
    makanya kendaraan sebelum tahun 98 jauh lebih berkualitas daripada tahun-tahun sesudahnya.. hihihihihi.
    tapinya itu menurut si burung sih :p

  10. Hehehe… kayaknya mobil sekarang memang besinya tipis dari pada dulu. Sedangkan mobil sebelum era 90an malah terlalu tebal dempulnya.

    Konon mobil sekarang plat-nya tipis tapi kerangkanya kuat utk menahan benturan (entah bener apa enggak)

  11. Kelimutu says:

    Huahaha, saya baru tahu gembreng itu artinya kaleng. Saya nggak ngerti masalah beginian sih, tapi kayaknya memang tuntutan jaman yaa, mobil sekarang jadi murah-murah.

  12. Chilly says:

    Kalo si mbah di adu gulat sama peugeot gimana ya? Siapa yg menang?😀

  13. andreas novanto says:

    Klo mau kuat beli tank gak bakalan penyok mobil agan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: