Salah Kaprah Lampu Hazard

hazardssss

Mobil dilengkapi dengan lampu hazard adalah untuk digunakan pada saat darurat. BUKAN untuk tanda lurus di perempatan, tanda menyalip, konvoi, atau bahkan tanda persahabatan. Gara-gara menjamurnya supir alay yang SIM-nya dapet dari calo, banyak penggunaan lampu hazard yang salah kaprah. Padahal negara udah jelas mengatur penggunaannya.

Lampu hazard adalah lampu sein (atau orang bilang lampu riting) yang menyala kanan-kiri secara bersamaan. Peraturan pemerintah tentang penggunaannya ada di UU No. 22 Thn 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan Jalan, Pasal 121 :

(1) Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman,
lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau Parkir
dalam keadaan darurat di Jalan
.

Coba kita lihat efeknya. Menyalakan hazard di perempatan sebagai tanda lurus sangat berbahaya. Dari samping seolah-olah terlihat mobil akan belok karena yang terlihat hanya satu lampu sein saja yang menyala. Lagipula tanpa menyalakan hazard saja udah menandakan bahwa kita mau lurus.

Tanda menyalip, ini juga sangat salah. Justru seharusnya kita menyalakan sein sebagai tanda berpindah jalur saat akan mendahului. Lampu hazard malah membuat sein kita ngga berfungsi. Otomatis kendaraan dibelakang pun ngga “ngeh” kalau kita mau pindah jalur. Bisa-bisa maunya nyalip tapi malah disundul dari belakang.

Bagaimana dengan konvoi? Udah dibilang bahwa pemakaian lampu hazard adalah untuk darurat aja. Konvoi masuk kategori darurat ngga sih? Jadi?

Menyalakan hazard saat cuaca buruk juga sia-sia karena malah berpotensi membuat pengendara di belakang bingung dengan isyarat anda. Toh tanpa dikasih hazard juga mereka udah tau kalau cuaca lagi buruk. Lebih baik menyalakan lampu utama dan lampu kabut saja.

Tanda persahabatan? Mending berhenti di warung, beli kopi, ngobrol sambil ngerokok bareng. Setuju? Yuk siapa mau ikut cusss dehh😀

Ngopi sambil menikmati roti bakar BaGong yang kejunya menggunung

Ngopi sambil menikmati roti bakar BaGong yang kejunya menggunung

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , , , ,
Posted in Sekitar Kita
24 comments on “Salah Kaprah Lampu Hazard
  1. jampang says:

    di motor ada lampu hazard nggak?😀

  2. Dyah Sujiati says:

    Kayaknya banyak yang ngerti deh sama lampu hazard itu. Pun ketika lagi nyala di jalan juga nggak ngerti itu lampu hazard atau bukan. Haha *bangga dengan kebodohan :p

  3. ira nuraini says:

    yang ngeri biasanya, kl ada orang nyebrang di depan mobil dan mobilnya tiba2 nyalain lampu hazard dan motor2 di belakangnya ga ngeh trus motornya tetap aja kenceng sambil nyalip kanan ato kirinya mobil…yg kaya’ gini ini yg sering bikin penyebrang malah celaka…

  4. eda says:

    yg sering aku temuin yang konvoi.. hampir semua rombongannya nyalain lampu hazard

    • xrismantos says:

      Nah kembali lagi, konvoi apakah termasuk dalam kategori situasi darurat? Kalau memang konvoinya penting banget, macam konvoi kepresidenan mungkin masih oke. Kalau cuman klub mobil aja sepertinya ngga perlu.

  5. ariesusanto says:

    Lampu hazard itu nggak penting, Mas. Sudah cukup lampu kota sama sein ajaa.

  6. Brillie says:

    suamiku 2x nyalain lampu hazard,, itu kan yg lampunya nyala kelap kelip kiri kanan?
    1. pada saat dari mobil ke gedung resepsi pernikahan saat iring2an pengantin
    2. beberapa minggu lalu saat hujan deras dan jarak pandang cuma 5 meter.

    tapi akibatnya.. besok aki mobil langsung habis. kok bisa gitu ya?

    • xrismantos says:

      Mungkin bukan karena lampu hazardnya. Tapi penyebab lain. Misal AC atau lampu dibiarkan nyala dalam kondisi mesin mati tapi kontak ON, juga bisa menguras aki. Atau memang habis air accu nya.

  7. lazione budy says:

    namanya manusia ada saja aneh-anehnya,
    kadang itu lampu buat gaya sok kuasa jalan…

  8. ronal says:

    kalau saya sih terkadang bukan salah kaprah Mas..cenderung ke bingung dan takut disenggol, makanya kadang kalau parkir dijalan yang sempit aku nyalain hazard, atau pas hujan deras banget aku nyalain hazard..walaupun bukan itu fungsinya tapi demi rasa keamanan aja hehe

  9. alinaun says:

    oh namanya lampu hazard? Soalnya saya gak punya sim dan belum bisa berkendara /ditendang

  10. duniaely says:

    rasanya aku blom pernah nyalain lampu itu deh selama mengemudi di sini😛

  11. Ranger Kimi says:

    Woini. Aku masih sering banget nemuin yang begini, mau lurus pake lampu hazard.

  12. Komukote says:

    Jadi tau…
    Terima kasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: