Mereka Cuma Cari Uang!

Love_Indonesia_by_ixan27

Stop nyalahin negara maju atas dakwaan menjajah Indonesia! Hanya karena kita pakai bermacam-macam produk asing dan sumberdaya alam kita banyak dikuasai perusahaan asing, bukan berarti kita sedang dijajah. Bukan salah bangsa asing menguasai sebagian hidup kita, melainkan salah kita sendiri. Sejatinya, kebodohan kita sendirilah yang menjajah bangsa ini.

Tidak bisa kita pungkiri memang, banyak aspek dari hidup kita yang bersinggungan dengan bangsa asing. Taruhlah mulai dari komputer yang kita pakai dan alat-alat elektronik lain. Juga produk-produk yang kita pakai sehari-hari macam sabun, odol, shampoo. Kendaraan yang kita tunggangi, bahan bakarnya, sampai makanan dari yang ringan sampai yang berat. Bahkan tontonan acara TV maupun film bioskop sebagian besar adalah hasil karya bangsa asing.

Kenyataan itu akhirnya memunculkan stigma bahwa kita sedang dijajah oleh bangsa asing (yang maju). Bahkan banyak kalangan ekstrim menganggap bahwa bangsa-bangsa asing itu sedang menyisipkan ajaran-ajaran sesatnya ke kita. Kata mereka, bangsa asing mencoba menggerogoti moral anak muda dengan hiburan ala mereka. Kesimpulannya, mereka mencoba menjajah kita dengan cara “halus”.

Well, saatnya buka mata dan hati lebar-lebar bung! Apa yang dilakukan bangsa-bangsa asing itu sama seperti kita, yaitu cari uang. Mereka jualan hasil karya mereka buat menafkahi anak istri mereka dirumah, sama kaya kita.

Bedanya, mereka lebih pintar melihat peluang pasar, pintar mengolah bahan mentah dan pintar melakukan lobby pada pimpinan-pimpinan korup kita. Ngga ada ceritanya perusahaan asing itu bersekongkol untuk merusak moral lah, menjajah lah, menggerogoti persatuan dan kesatuan lah, dan dakwaan-dakwaan lain. Mereka cuma cari uang. Dengan cara yang pintar.

Yang terjadi sekarang adalah, ketergantungan kita kepada mereka. Gaya hidup kita yang konsumtif yang menjadi magnet buat bangsa-bangsa pintar itu. Harusnya kita malah berterimakasih karena ada yang memasok keperluan hidup kita, meski kenyataan ini sebenernya pahit. Coba bayangkan kalau tiba2 kita diembargo, perusahaan sabun berhenti memasok, ngga mandi donk kita. Eeeww…

Ingin kenyataan pahit ini berhenti? Cuma satu caranya, tingkatkan kepintaran kita. Lapangkan dada dan buka hati lebar-lebar agar kita dapat menerima kenyataan dan belajar dari mereka. Tidak ada kata terlambat untuk menolong bangsa ini. Banyak putra-putri Indonesia yang pintar, tapi…kemanakah mereka saat ini?

Jadi, stop menuduh bangsa asing menjajah Indonesia. Stop bilang kita belum merdeka. Kita dengan kebodohan kitalah yang menjajah kita sendiri. Stop berpikiran buruk terhadap budaya bangsa asing, karena kita sendirilah yang harus memfilternya dan memaknainya dengan kebaikan.

Dan karena hari ini adalah 14 Februari, yuk, kita tingkatkan kecintaan kita pada negeri tanah air kita ini🙂

Picture by ichsanseptiawan @deviantART

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with:
Posted in Sekitar Kita
15 comments on “Mereka Cuma Cari Uang!
  1. jampang says:

    apa pun yang dilempar ke indonesia pasti laku😀

  2. aqied says:

    aku cinta indonesia, berusaha dr sabang sampai merauke. karna Indonesia gak cuma jawa doank

  3. Selalu ber- api api tiap baca blognya😀

  4. Memang kitanya yg mau di jajah ya…

  5. Ah ya itu yg tepat, ketergantungan.
    Seperti saya yg terus tergantung shg jangan2 jadi kuli pabrik selamanya nih…

  6. Aiko says:

    Kalo dari kitanya tetep cinta sama Indonesia, mau di suguhin terus produk luar tetep aja kita gak bakal ninggalin ke “indonesia” an kita yakan. Budaya2 juga tetep di junjung tinggi hehe

    • xrismantos says:

      Iya ya, setuju banget! Jadi intinya tingkat ke-konsumtif-an kita terhadap produk luar itu ngga bisa dijadikan tolok ukur seberapa terjajahnya negeri kita ini. Cinta itu ngga harus memiliki yakan #gagalfokus😀

      • Aiko says:

        Yesss bener2 hahahah😀 Kalo terjajah sama budaya luar kayaknya lebih keliatan dari kelakuan kita deh atau pakaian yang kita pake sih. Kalo udah diluar adat istiadat dan budaya orang Indonesia yaaa..mungkin bisa di bilang udah terjajah hehe. cuma balik lagi ke orang nya masing2 aja

  7. Dyah Sujiati says:

    Ending tulisannya nih lagi-lagi. Apakah itu inti dari tulisan ini? Paling sy ketawa tipis aja sih.

    Baca tulisan ini sy malah nyambungnya ke sini –>
    http://islamisfun.wordpress.com/2014/02/16/karena-bu-risma/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: