Ternyata Roda BUKAN Penemuan Terhebat Manusia

caveman_invent_casino_wheel_1557625

Semua manusia di muka bumi (yang waras tentunya) setuju bahwa roda adalah penemuan terbesar manusia. Kita ngga bisa bayangkan apa jadinya hidup tanpa roda. Bahagia mungkin ya…ga ada orang kebut-kebutan, ga ada kendaraan bermotor yang bikin polusi dan ga ada pembangkit listrik tenaga air sehingga kita hidup dalam keremangan lilin yang romantis. Hush!! Ya ngga kaya gitu juga kali😀

Roda merupakan penemuan yang paling penting dalam sejarah manusia, saking pentingnya sampai butuh waktu lama buat menemukannya, lebih tepatnya sekitar tahun 3500 sebelum masehi. Itu kalo dibandingkan antara asal muasal manusia dengan seberapa lama manusia menggunakan roda, skalanya seperti baru terjadi kemarin sore. Kok bisa?

Manusia modern diperkirakan ada mulai 200.000 tahun yang lalu. Berarti butuh waktu 200.000 – 3.500 = 196.500 tahun buat manusia menemukan roda. Kemana aja kamu manusia??!!

Namun sebenarnya bukan penemuan roda itu yang hebat. Bukan dengan menggelindingkan silinder pada tepinya yang bikin manusia jadi makhluk keren. Tapi adalah bagaimana menyambungkan roda itu dengan sebuah bidang yang diam. Contohnya seperti pada gerobak, dimana satu roda dihubungkan ke salah satu sisi badan gerobak dengan sumbu. Ngga pernah lihat gerobak? Kemana aja kamu manusia??!!

axle

Merancang sistem roda-sumbu ini gampang-gampang susah. Itu kata profesor anthropology kampus Hartwick College, David Anthony, lewat bukunya “The Horse, the Wheel, and Language” (Princeton, 2007).

Misal pada kasus roda gerobak. Terlalu besar sumbu rodanya maka gesekan semakin besar dan roda akan berat berputar. Namun jika terlalu kecil maka akan gampang patah. Manusia jaman dulu menyelesaikan permasalahan ini dengan membuat gerobak yang lebarnya sempit, sehingga sumbu rodanya bisa dibuat tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil. Do you understand? Ngga? Kemana aja kamu manusia??!!

Kira-kira motivasi apa yang membuat manusia purba menemukan roda? Apakah tiba-tiba dapat wangsit dari Mbah Jiwo? Bisa jadi. Bisa jadi saya yang ngawur. Kemungkinan roda ditemukan karena tuntutan untuk membawa barang-barang berat dengan jarak yang jauh.

Yang jelas sang penemu roda diperkirakan punya akses untuk menebang pohon yang besar-besar untuk kemudian diiris-iris jadi roda. Selain itu juga untuk membuat roda yang berbentuk lingkaran dibutuhkan alat-alat yang terbuat dari sesuatu yang lebih keras dari kayu dan tajam, yaitu logam. Oleh karena itu perkembangan roda baru dimulai pada tahun 3500 sampai 4000 SM saat alat-alat logam seperti pahat tembaga mulai populer di Timur Tengah.

Penemuan roda sendiri menurut perkiraan para peneliti dan ilmuwan “yang saya sendiri tidak termasuk didalamnya”, adalah di daerah Mesopotamia (yang sekarang jadi Irak). Persebaran roda sendiri sangat cepat meliputi wilayah Eurasia dan Timur Tengah sehingga sulit memastikan dimana sebenarnya asal mula roda. Persebaran itu mungkin disebabkan karena jaman dulu roda bisa menggelinding dengan sendirinya….hiiiiiii…. *Kalo yang ini saya bener2 ngawur sih😀

Alasan roda ngga dipatenkan :D

Alasan roda ngga dipatenkan😀

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , ,
Posted in Sains Populer, Sekitar Kita
14 comments on “Ternyata Roda BUKAN Penemuan Terhebat Manusia
  1. Dyah Sujiati says:

    Hahaha!
    Judulnya nggak ‘kemana aja kamu manusia’ pak? :p

  2. jampang says:

    lho…. koq baru nulis tentang ini sekarang?
    Kemana aja kamu manusia??!!

    *kabuuuuur*

  3. Roda roda terus berputar, tanda masih ada hidup… *lah saya koq jadi inget lagu lawas banget. Ntah itu lagu siapa pula*
    Ayo Mas kita menggelindingkan roda kehidupan kita saja…

  4. Chilly says:

    Hai,mampir ngintip apdetan riset🙂
    Siapa tau bisa buat bahan thesis😉
    How’s life?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: