Siapkan Mental Buat Tali Kucir Toga

09cab2170a0d028a0130c8e96faf375d

Skripsi itu, ibarat gosok gigi sebelum tidur. Semakin ditunda semakin malas karena terlanjur terbuai empuknya kasur dan belaian selimut nan hangat. Tak terasa tiba2 matahari udah berkokok dan ayam jago udah bersinar. Tak terasa pula teman-teman seangkatan udah pada dipanggil kedepan rapat senat terbuka untuk menerima ijasah dan disibakkan kucir toganya dari kiri ke kanan. Singkat cerita karena tinggal sendirian yang belum pake toga, bisanya cuma nungguin temen-temennya diluar gedung wisuda sambil menyibak2kan kucir rambut buat ngusir nyamuk. Sedih ya…

Nah biar kejadian diatas tidak menimpa anda, skripsi jangan kelamaan ditunda. Tapi juga jangan bondo nekat. Ini beberapa kali terjadi saat saya nguji sidang proposal beberapa hari kemarin. Judul keliatan “wah” namun memble saat diuji. Ada juga yang judulnya mbelgedhes dan tambah mbelgedhes saat diuji. Ada juga mahasiswa yang sebenernya pinter dan judulnya masuk akal, tapi karena pembawaannya kurang meyakinkan akhirnya ditolak. Nah loh.

Buat yang mau maju sidang proposal skripsi, tips-tips berikut ini bisa dijadikan bahan bakar, eh, bahan renungan :

asian-college-girlPilih judul yang sesuai bobot
Topik apapun yang anda ambil sah-sah saja asal memenuhi syarat dan bobotnya memenuhi gelar yang ingin anda raih. Jangan sampai anda mau lulus D3 tapi topiknya setara S3. Atau malah sebaliknya *kacau deh😀

Kuasai materi pendukung
Mahasiswa sering hanya berkutat di materi yang mau dibikin skripsinya, tanpa menguasai materi pendukung, atau yang biasa ditulis di kajian pustaka. Ibarat mau goreng tempe, yang dipelajari cuma tempenya doank. Ngga tau cara kerja kompor, cara pake sothil, ngga tau apa itu garam, malah ketukar sama gula. Materi pendukung penting untuk membantu menjelaskan langkah-langkah dan metode yang anda gunakan nanti.

Cuma anda yang paling tahu penelitian anda
Bukan berarti jadi sok tau. Tapi yakinlah dengan apa yang mau anda teliti. Karena kadar keyakinan anda bakal langsung keliatan begitu berdiri didepan para penguji. Jika anda yakin, maka kepercayaan diri meningkat dan itu terpancar dari aura. Jangan takut anda salah, tapi jangan membantah kalau memang salah.

Jangan takut berargumen
Dosen juga bisa salah. Pertanyaan penguji kadang melenceng dari batasan masalah penelitian. Segera luruskan sebelum nasi menjadi nasi goreng!! (tapi kalau udah terlanjur silahkan sumbangkan ke tempat saya😀 ). Pertanyaan dan arahan yang melenceng dari batasan masalah bisa menyusahkan anda sendiri nanti.

Jangan belajar menjelang sidang
Nah ini pantangan!! Ngga akan ada gunanya. Malah bisa bikin anda nervous. Sebaiknya malam sebelum sidang beristirahatlah, atau pergi bersenang-senang untuk me-rileks-kan diri.

Rendah hati
Persiapan udah matang, materi udah dipelajari semua. Anda merasa menguasai 150 persen materi penelitian. Tidak ada lagi yang lebih benar dari anda. Nah sikap ini yang harus dijauhi. Tetap rendah hati. Sedikit arogan perlu buat menunjukkan kepercayaan diri, tapi jangan kebablasan. Penguji juga manusia bung, paling eneg liat mahasiswa arogan.

Nah…ibarat lagi mau mem-propose atau melamar pacar, kalau anda pede dan keliatan meyakinkan, proposal anda 99,99 persen pasti diterima. Sebaliknya, kalau keliatan ragu dan kurang pede, maka bisa jadi pacar anda pikir2 dulu😀 Tapiiiiii, kalo terlalu pede dan sombong juga bisa bikin ilfill. Sedang-sedang sajalah. Ngga perlu terlalu ngoyo dalam mempersiapkan lamaran, eh, sidang. Well, selamat ber-proposal ria dan bersiap-siap memakai kucir toga🙂

Saya ucapkan selamat buat mbaknya yang lagi wisuda --mas2nya ngga usah :D

Saya ucapkan selamat buat mbaknya yang lagi wisuda –mas2nya ngga usah😀

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , , , ,
Posted in Sekitar Kita
27 comments on “Siapkan Mental Buat Tali Kucir Toga
  1. Rere says:

    Langsung keingetan kuliah yang mandet dan skripsi hahaha

  2. edi padmono says:

    Saya tak pernah merasakan topi toga walaupu sudah lulus kuliah…

  3. aqied says:

    ngucapin selamat wisuda pun kena diskriminasi gender😉

  4. Mas nya kapan wisuda? Mending jangan deh Mas, enakan jadi mahasiswa saja. Maha nya hebat kan…
    Wisuda itu suka diplesetkan sama sebagian orang sunda. Katanya wisuda itu bila dipanjangkan menjadi “willujeng sulit milari damel” Kurang lebih artinya, selamat bersusah mencari pekerjaan.😀

  5. Dyah Sujiati says:

    Hahaha!
    Bapak satu ini bisaaa aja!
    Tapi yang tips no dua dr bawah sy buktikan dan manjur😀

  6. @kamuitubeda says:

    “Skripsi itu, ibarat gosok gigi sebelum tidur. Semakin ditunda semakin malas karena terlanjur terbuai empuknya kasur dan belaian selimut nan hangat.” << ini bener banget, mas.😀

  7. Chilly says:

    Baru baca mensenan d twit. Jarang buka twitter dan ga install app twitter d hp,jd ga ada notif😦
    Makasih ham.. Emg kl dikasi tau mau dateng? ツ
    Nnti wisuda yg akan dateng deh ta kasi tau. Do’anya ya ツ

  8. Chilly says:

    Naneun geugeos-eseo manh-eun geos-eul baewosseubnida. Gomaoyo ツ

  9. lazione budy says:

    masa itu sudah lewat.
    yg mau berjuang, good luck aja.

  10. ILYAS AFSOH says:

    akan selalu menjadi Masa-masa yang penuh kenangan
    Hipnoterapi Semarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: