Berkicau di Negeri Sakura

cruppe

Kali ini saya mau cerita pengalaman saya selama di Jepang dalam rangka karaoekan. Hah? Karaokean aja jauh2 ke Jepang? Haha….ngga, saya disana dalam rangka riset. Weitss tenang, saya ngga akan cerita tentang riset disini. Saya mau cerita tentang tempat “teriak-teriak” alias karaokean yang di negeri Sakura itu memang udah tersohor di kalangan segala umur dan segala jenis kelamin.


Bicara tentang karaoke, dulu saya ga bayangin apa sih asyiknya. Cuman nyanyi-nyanyi aja dirumah juga bisa, especially in the bathroom (hayoo siapa ga pernah nyanyi di kamar mandi?😀 ). Tapi setelah nyoba sendiri, tepatnya pas kuliah D4 tahun 2008-an saya nyoba karaokean sama temen2 kampus ternyata menyenangkan. Dan memang ada kenikmatan tersendiri. Suara saya jelek, jadi yang saya nikmatin ya teriak-teriaknya plus ngumpul rame2 saling mengejek kejelekan pita suara masing-masing. Hahaha.

Nah sebenarnya karaokean di Jepang ngga beda jauh dengan disini. Fasilitas tempat sama, ada yang luas ada yang sempit. Peralatan juga sama. Tapi bedanya yah karena di negara maju, kualitas sound-systemnya kalo dibandingin disini yaaa ibarat langit dan got lah. By the way, tempat karaoke yang saya kunjungi adalah di sekitaran Kumamoto aja soalnya di kota itulah tempat saya bertahan hidup.

Salah satu fitur yang menarik di tempat karaokean di Jepang adalah sistem penilaiannya. Maksudnya penilaian kualitas kicauan kita. Kalau di Indonesia sini (di Malang khususnya) kebanyakan skor nyanyi ditampilin di akhir aja. Itupun kita ngga tau apa bener itu skor kita, atau jangan2 cuman angka random aja. Terbukti temen saya yang nyanyinya oke banget dgn berbagai improvisasi malah nilainya lebih rendah dari yang nyanyinya persis sama kaya aslinya.

Layar menampilkan subtitle (karena lagu Jepang maka tulisannya cacing) dan pitch suara

Layar menampilkan subtitle (karena lagu Jepang maka tulisannya cacing) dan pitch suara

Disana, selagi kita nyanyi kita bisa liat progress kita. Ditampilkan di layar antara lain pitch nyanyi kita udah di “jalur” yang bener apa ngga. Skor kita pun naik-turun secara real-time selama kita nyanyi. Pas banget buat yang mau latihan buat ikutan acara2 seleksi idol karbitan di tv.

Selesai berkicau akan ditampilkan skor kita secara detail. Detail banget memang, tapi saya ngga paham maksudnya soalnya tampilannya pake bahasa Jepang. Yaahh…. Tapi skor akhir kita masih bisa terlihat jelas soalnya ukuran font-nya paling gede sendiri. Setidaknya masih bisa jelek-jelekan nilai lah. Hahaha…

Skor-nya detail, tapi ngga paham maksudnya :D

Skor-nya detail, tapi ngga paham maksudnya😀

Yang beda lagi, saat milih lagu kita ngga pake keyboard atau mouse kaya disini. Ada device khusus pake touchscreen dan wireless sehingga praktis buat dipake rame-rame. Rupanya alat ini standar karaokean disana soalnya di beberapa tempat karaoke alatnya mirip-mirip. Mungkin suppliernya sama kali ya.

Oh ya, ada beberapa tempat karaokean yang lucu. Lucunya adalah ada lemari pakaian yang isinya pakaian ala anime, yang biasa dipake cosplay. Saya ngga sempet ambil gambar soalnya waktu itu buru-buru masuk ruangan. Ada pakaian ala “maid”, ada seifuku atau seragam sekolah cewek tapi potongannya seksi banget (mungkin khusus buat fetish ya wkwkwk) dan pakaian aneh-aneh lainnya. Rata-rata sih potongannya seksi2. Sayangnya saya kesana pas musim dingin jadi ga ada yang berinisiatif pake pakaian serba mini tersebut😀

Begitulah. Sebelum ke Jepang pun sebenernya saya udah penasaran sama tempat-tempat karaokeannya. Soalnya lihat di anime, manga atau drama-drama Jepang kayanya orang sana seneng banget karaokean. Baru terwujud 2011 kemarin ngeliat sendiri dan mencicipi berkicau disana.

Nah kalau anda sekalian berkesempatan mengunjungi negeri tempat lahirnya Miyamoto Musashi ini, ngga ada salahnya mencoba tempat-tempat karaokenya. Harga ngga mahal juga kok. Malah ada tempat yang kalo jadi member bisa dapet paket murah, yaitu 1.500 yen selama lima jam, dari jam 11 malem sampe 4 pagi. 1 yen = 100 rupiah jadi sekitar Rp. 150.000. Daftar jadi membernya sendiri 500 yen atau Rp 50.000. Murah kan?🙂

Bergaya sebelum berkicau, ki-ka : Motoko, Mr. Vecky, Atufenua, Miss Heiyan

Bergaya sebelum berkicau, ki-ka : Motoko, Mr. Vecky, Atufenua, Miss Heiyan

Saya dan Heiyan, serasi kan? :D

Saya dan Heiyan, serasi kan?😀

Serius amat ladies-ladies ini

Serius amat ladies-ladies ini

Abis nyanyi makan di warung : Heiyan, saya, Heiyu, Atufenua

Abis nyanyi makan di warung : Heiyan, saya, Heiyu, Atufenua

Formasi lengkap : Sari, Motoko, Heiyan, Heiyu, Atufenua, Mr. Vecky, saya

Formasi lengkap : Sari, Motoko, Heiyan, Heiyu, Atufenua, Mr. Vecky, saya

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , ,
Posted in Catatan Kecil
18 comments on “Berkicau di Negeri Sakura
  1. jampang says:

    wah… udah ke jepan. mantap😀

  2. Jadi pengen karaokean nih. Biar suara saya gak bagus, nekad aja deh…
    Mantap juga sudah ke Jepang nih. Jadi ngiri kapan saya bisa kesana ya?

  3. MaYa KayLa says:

    Wuihhhhhhhhh,,,,,,,,,,,,,
    Mantab mas,,,,,,,,, hehehehehe,,,,,

  4. Dyah Sujiati says:

    Foto no 4 dari bawah, nggak yakin kalau ada yang setuju. Ahaha

  5. Miftah Afina says:

    Baru tau kalo ditempat karaoke ada yang fasilitas skor kayak gituan juga…
    maklum di desa saya sini tidak ada gituan. hehe

  6. aqied says:

    jadi inget kasus pembunuhan di ruang karaoke, cerita nya Conan.
    jadi horror.
    eniwei, kalo wireless n touchscreen di sini jg ud banyak yg pke model gitu. yg keyboard sama mouse mulai jarang malah

  7. Rise says:

    Eh, sama banget sama sayaaaa. Saya waktu di Jepang juga karaoke mulu. Pernah juga nyoba yang karaoke sampai pagi itu, tapi kalau waktu itu saya sih dari jam 11 malam sampai jam 5 pagi, harganya lebih mahal sih jadi 2000 yen per orang. Tapi dapat minum gratisan sepanjang malam (non-alcoholic drink sih). Karaoke selama itu awalnya sih masih semangat, tapi lama-lama capek dan banyak yang tumbang di tengah jalan :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: