Tips Merawat Kucing Hamil

mrsmomsiiiKucing yang lagi hamil pun sama seperti manusia, bisa mengalami kegagalan. Kegagalan itu bisa jadi karena keguguran, bayi yang tidak sehat, bahkan sampai kematian. Sebagai majikan yang baik, kita harus tahu bagaimana caranya merawat dan menjaga makhluk lucu nan menggemaskan kesayangan kita ini sejak hamil sampai melahirkan.

Kucing pada dasarnya adalah hewan liar, secara insting dia bisa menjaga diri sendiri termasuk pada saat hamil. Yang kita perlu lakukan sebenarnya hanyalah menjaga agar tidak terjadi “kecelakaan” yang ekstrim yang membahayakan janin dan induknya. Nah berikut ini beberapa tips yang bisa jadi masukan buat para cat-lovers :

1. Tetap beri perawatan seperti biasa
Beri makan dengan jadwal teratur seperti biasa, bagusnya setiap pagi dan sore. Tetap mandikan kucing setidaknya seminggu sekali dengan air hangat.

2. Perhatikan porsi makan
Kucing yang hamil nafsu makannya akan bertambah. Biasanya di hari ke-20 kehamilan mulai terlihat jelas. Perut mulai membesar dan nafsu makan bertambah. Tambahkan porsi makan sedikit diatas biasanya. Tapi jangan terlalu banyak, karena kalau tidak habis justru akan terbuang sia-sia.

3. Jangan diajak main dengan aktifitas ekstrim
Paling seru memang mainan sama si kucing. Kucing hamil masih boleh diajak main-main tapi jangan terlalu ekstrim. Kalau suka menggendong jangan terlalu erat, jangan diajak lari-larian, jangan dilempar-lempar, dan paling parah jangan sampai keinjak (parah banget nih kalau sampai kejadian hahaha)

4. Jaga kebersihan
Biasanya para pemilik kucing ras suka mengandangkan kucingnya dengan alasan agar tidak keluar rumah. Seperti manusia, kucing hamil daya tahan tubuhnya cenderung lebih lemah, beri perhatian lebih terhadap kebersihan kandang agar kucing tidak terserang virus ataupun bakteri yang membahayakan janin.

5. Obat-obatan? Vaksin? Perlukah?
Perlu jika memang kucing menunjukkan tanda-tanda tidak sehat. Namun sebelum buru-buru memberi obat, konsultasikan dulu dengan dokter hewan. Kita kembalikan lagi fitrah kucing sebagai hewan liar, dia bisa menjaga dirinya sendiri, sudah dibekali dengan insting dan kekebalan. Bayangkan kucing liar yang hidup bebas, tidak ada vaksin tidak ada obat dan tidak ada campur tangan manusia, tapi bisa beranak pinak dengan “merawat” dirinya sendiri.

cat_pregnant

Nah kini saatnya menunggu saat-saat yang paling dinanti yaitu kelahiran anak-anak kucing. Inipun perlu persiapan tertentu, terutama persiapan mental sang majikan. Kok malah majikannya? Nantikan post berikutnya😀

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Posted in Kucing
7 comments on “Tips Merawat Kucing Hamil
  1. Senang berkenalan dengan penggemar kucing..

  2. lindaleenkl says:

    Ah penting ini, pacarnya #Freddie lagi hamil😀

  3. :O baru tau, nice infonya ya.😀 jadi teringat si ewa, kucing liar yang hanya singgah kerumahku saat tubuhnya tekdung ( Read: hamil)😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: