Konten Marketing, Blog Sebagai Alat?

Konten marketing adalah salah satu cara suatu pihak mempromosikan produknya lewat media blog. Biasanya mereka memilih blog-blog yang memang sudah nge-top untuk ditawari menulis review tentang produk atau event atau apapun yang ingin dipromosikan. Bisa dikatakan, mereka menjadikan blog menjadi media promosi diluar media-media lain seperti brosur/iklan koran/iklan internet/TV dan sebagainya. Tentu saja ada kompensasi yang diterima oleh sang penulis atau pemilik blog (kabarnya sih lumayan).

Dilihat dari sisi pihak yang berpromosi, yang namanya promosi umumnya dilakukan oleh divisi marketing. Divisi ini yang kemudian bekerja mencari media iklan yang bonafid, termasuk dalam hal ini adalah blog-blog ternama. Kalau dianalogikan orang jualan es pakai pengeras suara, blog-blog inilah yang menjadi “pengeras suara” divisi marketing.

Lalu sekarang apa bisa dikatakan bahwa, blog menjadi tool, atau alat berpromosi? Jawabannya bisa ya, bisa tidak.

Ya, kalau si pemilik blog akhirnya mendedikasikan blog-nya untuk mempromosikan barang orang. Semua postingannya adalah promosi, bukan lagi tulisan obyektif yang bersifat netral. Semua produk yang dibahas dilebih-lebihkan kelebihannya dan dikurang-kurangkan kekurangannya. Blog menjadi kehilangan jati diri, dan lama kelamaan akan menjadi komersil. Nah kalau sudah terlanjur begitu sekalian aja diubah jadi situs promosi. Kalau tidak maka akan jadi tong iklan yang dijauhi orang. Kecuali orang marketing😀

Saya sendiri pernah membahas suatu produk, tapi bukan dalam rangka promosi, tapi karena memang saya puas memakai produk itu dan ingin membaginya dengan siapapun yang membaca tulisan saya. Namun sering saya menjumpai blog dengan tulisan yang nadanya promosi banget. Tidak sulit untuk membedakan mana tulisan yang promosi dan yang bukan.

Nah ini tantangan buat para blogger yang menulis konten marketing, bagaimana mempromosikan sesuatu lewat tulisan tanpa harus menjadikan blog-nya sebagai alat promosi. Sayang banget kan blog yang udah tenar, berkarakter, punya pengunjung tetap, tiba2 luntur begitu saja gara-gara ketagihan konten marketing.

Kecuali blog saya ini mah mau luntur, dihina dicaci maki kaya apa ya biar aja😀

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , ,
Posted in Komunitas, Sekitar Kita
5 comments on “Konten Marketing, Blog Sebagai Alat?
  1. Ririn says:

    wah pengen juga nih bisa nulis artikel review. Pasti dapat komisi gedhe ya mas hehehe😀

  2. TONGKONANKU says:

    Bagaimana dengan lomba-lomba review yang juga berbau iklan. Apakah itu juga akan melunturkan ketenaran seorang blogger atau seorang blogger?

  3. saya ada teman yg jago review…setiap review bisa 5 – 10jt
    wah itu membuat saya iri banget hehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: