Perilaku Nyeleneh Para Biker

Pernah dibuat sebel sama pengendara motor di jalanan? Entah gara-gara gaya nyetirnya yang ugal-ugalan, atau memang tingkahnya aja yang bikin sebel? Saya termasuk penunggang motor, tapi kadang saya bermetamorfosis menjadi penarik gerobak roda empat. Ketika mengendarai gerobak, ternyata saya sadar bahwa gaya nyebelin pengendara motor yang saya temui di jalan KADANG juga saya lakukan ketika saya mengendarai motor. Nah lho😀

Nah ini dia beberapa perbuatan nyeleneh pengendara motor yang bikin eneg, baik oleh sesama pemotor, oleh peng-gerobak, dan oleh pejalan kaki atau pengendara kendaraan lain :

1. Menyalip mobil dari sisi dalam belokan
Mungkin buat si penunggang motor hal ini ga ada masalah. Tapi masalah buat pengendara mobil. Bayangkan kita lagi konsentrasi mengarahkan setir buat belok, sambil mengantisipasi kendaraan dari arah berlawanan, tau2 dari sisi dalam nyelonong aja motor. Kaget, pasti. Banget.

2. Tidak menyalakan lampu di malam hari
Ini apalagi. Sport jantung. Apalagi di jalan yang sepi dan gelap. Ini cukup banyak ditemui akhir2 ini di kota Malang, dan kebanyakan anak2 muda. Padahal motor yang mereka tunggangi termasuk seri baru, rasanya ngga mungkin kalo lampunya udah rusak. WHY? Terlihat keren karena bisa night vision?

3. Nyelonong keluar dari gang tidak melihat ke arah kanan
Pikir mereka “toh keluar gang-nya nepi, ga langsung ke tengah, ga mungkin ketabrak” Ya memang benar, tapi siapa yang tidak kaget ketika melihat dari gang yang antah berantah tiba2 keluar “segumpal” motor. Ya kalo diluar gang-nya kosong, kalau tiba2 ada gerobak bakso dari arah berlawanan misal, tiba2 itu motor menghindar ke tengah jalan, pas ada kendaraan dari belakang. Bruaaak!!

4. Lupa mematikan sein
Ini keliatannya sepele. Tapi buat pengendara dibelakangnya, terutama mobil. Jelas sebagai pengendara yang baik, ketika didepan kita ada motor menyalakan sein, maka kita bersiap2 menunggunya belok. Tapi ditunggu lama ternyata ngga belok2. Ternyata lupa matiin sein. Aarrrhhh….

5. Membunyikan bel saat lampu traffic light menjelang hijau
Ini…aaaahhhh menyebalkan sekali. Siapapun pasti cepet pengen jalan ketika lampu sudah hampir hijau. Tapi tolonglah, lampu belum hijau, kendaraan didepan juga belum jalan, persimpangan juga masih ramai, ngapain sih situ ngebel2? Kita ngga buta!!

6. Menggunakan lampu jauh (high beam)
Ini kebalikan dari yang tidak menyalakan lampu. Mereka pikir biar tambah terang penerangan jalannya. Biarpun motor cuma terdiri dari satu lampu kota, tapi tetep, SILAU bung!! Karena lampu jauh itu sorotnya lurus kedepan, bukan kebawah seperti lampu kota. Otomatis bikin pengendara didepannya silau.

7. Melaju pelan tapi ditengah
Bung, jalan ini milik kita bersama. Dibelakang sudah antri mau lewat, coba tengok spion. Kalu mau jalan pelan, 20 km/jam, minggir donk please…

Sebenernya masih banyak lagi kelakuan serupa yang mungkin tidak sadar kita lakukan (terutama saya). Dengan menyadarinya setidaknya bisa interospeksi. Nobody rides perfectly but it’s not hard to ride normally. Kira-kira begitu kesimpulannya😀 Bagaimana dengan anda?

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: ,
Posted in Sekitar Kita
5 comments on “Perilaku Nyeleneh Para Biker
  1. jejesjeje says:

    Nambahin poin, pemotor yang sok jago main salip kanan kiri macem pembalap. Ini yang paling bikin jantungan sih..
    Saya juga penunggang motor, tapi sering dibikin sebel plus jantungan sama penunggang yang lain -_-‘
    cuman kadang suka ga sadar juga kalo ngelakuin salah, hehehehe :p

  2. aqied says:

    no 6 saya pake kalo lagi kejebak kabut tebel, atau lagi perjalanan malam di pelosok2 yg g ad penerangan. maafkan saya.
    saya kalo nemu yg nomor 7 seringnya yg pd pacaran tuh. aku salip pake klakson panjang. berasa dia doank kali y yg bayar pajak jalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: