Kucing ras dan makanan mentah

Ada yang berpendapat bahwa kucing ras tidak boleh diberi makan makanan mentah. Harus makanan yang telah masak atau makanan khusus kucing. Whisk*s misalnya. Pendapat ini didukung oleh kandungan bakteri yang mungkin tinggal di makanan mentah, entah itu ikan-ikanan atau daging mentah yang berpotensi mengganggu sistem metabolisme kucing.

Pendapat diatas mungkin ada benarnya, tapi tidak sepenuhnya. Kucing, ras apapun itu, anggora, persia, jepang, jawa, amerika, rusia, cina, dan sebagainya, diciptakan dari sononya sebagai binatang liar. Bukan sebagai binatang peliharaan. Manusia aja yang suka gemes dan memungutnya sebagai binatang peliharaan. Sistem metabolisme mereka memang sudah dirancang untuk dapat beradaptasi dengan lingungan hidupnya yang memang di alam liar; di jalanan, hutan, gunung, pantai, dimanapun. Perut mereka lebih canggih daripada perut manusia. Lebih tahan banting.

Dan pada kenyataannya, kucing merupakan binatang dengan high survival rate, binatang yang paling sukses beradaptasi dengan lingkungan manapun diseluruh dunia ini. Itulah yang menyebabkan kucing bisa eksis di hampir seluruh permukaan bumi, kecuali kutub mungkin yah.

Nah bagaimana dengan banyaknya kasus ketika kucing ras dikasih makanan mentah, akan muncul banyak sekali sindrom tidak normal? Mulai dari sekedar muntah-muntah, bulu rontok sampai –heaven forbids– meninggal dunia. Well, seperti seorang atlit lari maraton yang dulunya kemana-mana berlari sehingga terlatih untuk lari berkilo-kilometer jauhnya, namun setelah kaya raya ke toko sebelah rumah aja naik mobil dan akhirnya pensiun karena gak kuat lari lagi, daya tahan kucing jika tidak dilatih pun akan melemah. Kekuatan gigi-gigi mereka pun jadi tak terlatih.

Bisa dibilang, para peternak kucing ras yang punya andil besar perihal makanan ini, memberi kucing-kucing itu makanan mewah semenjak mereka masih sangat muda. Makanan khusus kucing yang harganya bahkan lebih mahal daripada porsi makan manusia. Padahal jika sejak kecil sudah dibiasakan dengan makanan yang normal dan alami, maka sampai dewasa pun mereka tidak akan memiliki masalah dalam mencerna makanan mentah. Dan bahkan mereka akan lebih tahan terhadap penyakit.

Para produsen makanan kucing juga ikut terlibat dalam “urusan” ini. Strategi marketing mereka yang membesar-besarkan khasiat dari produk mereka. Mengandung vitamin ini-itu, membuat kucing gemuk, atau mungkin bisa bikin cerdas? Nah kalau memang khasiat itu benar, berarti apa bedanya kucing kita dengan ayam horn yang gemuk-gemuk karena zat kimia?

Ada yang bilang kucing tidak tahan dengan nasi, karena mengandung kolesterol dan bikin diabetes, bikin bulunya rontok juga. Nyatanya kucing saya semenjak lahir sampai hampir 3 tahun makan nasi + pindang sampai sekarang sehat saja. Dan super gemuk.

Selain itu, makanan alami juga lebih hemat, setidaknya bisa buat nambah-nambah uang jajan majikannya😀

Picture courtesy from http://ruralsociologywageningen.wordpress.com

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , ,
Posted in Kucing
37 comments on “Kucing ras dan makanan mentah
  1. Cahya says:

    Kucing malah kalau terbiasa dengan makanan yang dimasak, jarang mau makan makanan mentah.

  2. jejesjeje says:

    dulu kucing saya (kucing kampung) sukanya sarden.. kalo ga makan sarden suka ngambek gamau makan -_-
    emang soal makanan balik lagi ke pemiliknya, kalo dibiasain makanan yg “apa adanya” kucing bisa adaptasi sendiri.. in my opinion sih.

    btw, mau liat dong kucing super gemuknya..
    hahahahahahah

  3. Nona Shinra says:

    Kucing saya (campuran angora dan kucing kampung) ga terlalu pilih-pilih makan sih. Roti tawar pun doyan -___-‘ Tapi biasanya dia makan makanan kucing dari merk tertentu. Alasan ga suka ngasih dia makan makanan mentah karena bikin mulutnya agak bau, jadi ga enak buat diunyel-unyel:mrgreen:

  4. karena says:

    that’s just a myth, and sometimes myth can’t be proved. mamals could survive at any circumstances, including cats. fyi, i’m a girl.

    • xrismantos says:

      Yap, naturally, they can survive. But in many cases, their owner caused them in being too dependant on synthetic food.

      And Ms.Karena, sorry for misinterpret you as a male, there were just not enough information to determine your gender.😀 Anyway thank you for visiting🙂

  5. putri says:

    sekedar koreksi.. nasi mngandung bnyak karbohidrat sedangkan kucing adalh karnivora sjati,, jdi lbih baik gak ush pkek nasi krena kcing gak btuh cman d’tmbah serat dkit aja bwd bntu pncernaan.. kcing kn kdang mkan rmput thu buat pncernaanny,.

  6. putri says:

    tambahan___q stuju bgt ama postingannya. walopun thu kucing ras tp kalo dr kecil udh d’ksih daging ampek gde jg doyan gk perlu mkanan komersial buatan pabrik cuma qta perlu tau makanan yg banyak mngandung protein thu apa(buat prtmbuhan). and kalo bisa jgn mkanan mentah y krena bnyk mngandung mikroorganisme yg mmbahaykan utk kucing. qta kan gk mau kucing ksayangan qta knapa2,, pngalaman pribadi kucing q sring mkan tkus abiz thu sakit cacingan.😦

    • xrismantos says:

      Mungkin kucingnya emang tak terbiasa makan mentah2 atau tikus. Kalau memang kucing tidak tahan dengan makanan mentah dan tikus, maka mungkin seluruh kucing liar di dunia ini akan punah. Siapa yang mau masakin daging mateng buat mereka di hutan belantara?😀

  7. ageng says:

    broo…ku suka bangent ma postingan ini..tapii,, aku kan lg pengen banget miara persia or anggora ni..kira2 mnurut bro sebaiknya d kasi makan apa dari kecil ya??apa nasi di campur sarden kya kucing kampung ga pa2??
    berhubung saya pengen skali miara tapi takut ga bisa berbagi rizeki ma kucing buat beliin mkanan siap saji khusus buat kucing..hehe

  8. moi says:

    scr logika okelah tp asal tau aja rata2 umur kucing 7-8 th, tp ketika mereka mkn2an mentah otomatis ad bakteri yg msk ke tubuh yg berakibat fatal untk organ dlm, munkn kucing yg mkn mknan mentah terlihat sehat2 aja tp apa kita tau sefatal apa kerusakan organny, so… umur kucing hanya brtahan 5-6th. sekedar cerita ak ad kenalan dia punya kucing kampung tp dr lahir dirawat baik (pakan ok catfood, vaksin rutin/th, kesehatan trjamin) tau gk umurnya….. amazing 17th dia br mati. coba aja ksi kucingmu nasi pindang sm catfood, ap dia msi milih milih nasi pindang?? kl iya wow…… ku acungin jempol deh kucingmu. kita gk tau ap yg dirasakan sm kucing kita, entah skt, seneng, or… bla..bla.. ?? so…guys kl kita emang sayang sm piaraan kita ngapain kita msti pelit ngasi yg terbaik buat mereka….

  9. superpi2t says:

    sy punya kucing namanya boy, dia suka makan nasi,sayur singkong semangkuk berasa sedikit pedas + teri waduh hhaaaaaaaaaaaabbbbbbbbbbbbiiiiissssssss…dan ibuku makin sayang tuh ama si kucing jadi kalo kuliah ibuku dengan sukarela tanpa paksaan akan menjaga boy, hay tapi itu dulu… sekarang boy sudah meninggalkan kami 15 tahun lamanya..hiks dan aku tak pernah lagi menemukan kucing sebaik boy…..rest in peace..my cat!!!

  10. lupuz says:

    kucing itu alaminya adalah liar, manusia aja yang menjadikan dia manja. Jadi biasakan dari kecil ngasih makanan yang biasa. *itu menurutku*

  11. setuju banget, akibat terlalu dimanjakan oleh para peternak, jadinya si kucing melempem. kalau menurutku kucing kampung ( kucing liar ) lebih lincah di bandingkan kucing ras. soalnya tetanggaku dulu punya kucing anggora. males banget dianya, cuma jalan sana jalan sini, makan, itu itu aja. sedangkan disekitar rumah banyak kucing kampung, mereka lebih lincah, lebih handal. bahkan ada yang berani ngelawan ular😀

    • xrismantos says:

      Yap betul banget. Sebenernya nyenengin juga sih kucing pemalas itu, soalnya bisa dimain-mainin😀 Tapi kalau terlalu malas dan penakut ya repot juga…

      • ia, bener. tapi awesome juga loh punya kucing yang lincah.😀 rasanya bangga aja punya kucing yang bisa superhero. hahahah

        • ema says:

          maaf numpang lewat Kucing persia, awal saya beli dia sangat pemalas, tapi skrng sangat lincah dan manja. Gampang aja sih bikin kucing pemalas jadi lincah atau agresif, sering2 aja di ajak bermain, kl yg punya malas ngajak bermain, ya kuving pun jadi malas kerjaan tdr mkn. Itu pengalaman saya moga bermanfaat.

        • kadang memang ada kucing yang meles mba. udah diajak main dianya ogah ogahan

  12. Nevie says:

    Setuju sama postingannya.. Kucing emang hewan karnivora yg makanan utamanya adalah daging mentah dari alam (bukan olahan), jd naturally pencernaan mereka sudah disetting makan makanan mentah.. Kalo mau kucingnya gak knp2 mungkin yg harus dipahami adalah sistem kebersihannya, bukan dari segi apa yg dimakan saja.. Mahal jg belom tentu kualitas baik..

  13. Nevie says:

    Ijin mau share resep cara buat raw food/makanan mentah buat kucing.. Check out my blog http://itspinkystory.blogspot.com

  14. boeds97 says:

    Kucingku sih dah terbiasa makan ikan laut mentah tapi yg fresh…ibarat pepatah “menyelam sambil minum air” maka itu tiap sabtu pagi pasti mancing rawai demi si Meong…so, hobi terpenuhi maem meongpun aman.

  15. amyfgusvi says:

    Klu kucing aku sih ga pernh diksh mkan mentah, pling direbus dan itu diksh cm 2xsminggu sebgai selingan. Kalau buat perhatiin kucing dan niat ngerawt itu kucing sih mnurut aku ga msalah mahal atau ga, stidaknya kalau ga mau kluarin biaya mahal ya direbus aja. Msalahnya makanan mentah, itu bahaya bgt krena bnyak bakteri virus dan smacamnya yg trsimpan. Kita aja manusia kalau makan hrus mateng. Masa kucing dikash mentah, mreka kan jg makhluk hidup. My opinion

  16. friska says:

    Kucing gue dikasi cat food ga Mau makan..malah dikasi ikan kukus plus klorophil dikit abis tu dilahap..

  17. Arik says:

    Saya juga baru dikasik kucing anggora anakan 3 bulan oleh temen saya. Awalnya dikasik makan cat food.. eh begitu tau mama ngasik makan kucing lokal pake ikan pindang, dia justru malah lebih suka makan ikan pindang drpd catfood. Alhasil catfood nya hny dia jadikan sbg cemilan aja.. ga abis2 meski cm beli yg 400 gr.. 😅😆

  18. mia says:

    Tak cobak dah q pengen persia q gemuk tapi sehat n hemat…
    Thx posting.nya…

    Semoga cycy q bisa gemuk.

  19. ismaniar hizriah says:

    seneng banget postingannya soalnya manusia aja pelan2 ninggalin sufor atau olahan balik ke yang alami. kucing kan binatang ya liat kemasan yang kadang2 kandungan nya baik ini dan itu . boleh2 aja sih. tapi kalau udah di sediain ama alam kenapa ga ambil yang alami. beli pasar lebih murah dan fresh . membantu perekenomian lokal juga.

  20. Can’t get through level 10

  21. ichbyrne says:

    Aku lebih milih kasih makan ikan yang masih seger terus dimasak daripada makanan kalengan atau kemasan. Setiap kali dikasih makan wish*** pasti ga selang lama diare. Padahal aku selalu campur sama makanan dia, kan katanya kucing kalau mau ganti makanan atau kasih makanan baru harus dikit demi sedikit. Mungkin pencernaan dia ga kuat kali sm pengawetnya. Sekarang, kucingku sehat2 aja cukup makan ikan, sesekali ayam karena ga begitu suka, sama kalau sakit paling dikasih obat khusus kucing, sekali2 manjain kasih vitamin. =.=

  22. Sansan says:

    Naaah..kasus meninmpa kami..dirumah kami sedia pindang bandeng..karna kamu hobby makan ikan..ada daging beku buat sop si dede…plus kebun mamah yg penuh sayuran…bukan sombong soal lauk kami senang bergizi..

    Depan rumah kami ceritanya sedang berhaji..punya banyak kucing ras yg gede2..rambut kaya surai singa

    Suatu hari kamu kedatangan salah satu dari merak yg berwarna abu2..kondisinya kurus..ringan..tulang dimana2..

    Ceritanya senang maen dirumah kami..makan pindang +nasi..biar kenyang n gemuk maksudnya

    Suatu ketika tiba2 si abu makan tikus dibawah meja makan..hingga tikus dirumah abis dimakan n kabur semua

    Lama gak berburu..si abu ceritanya gak doyan makan..kasih pindanh tanpa nasi..gak mau..kasih ikan blanak bakar gak mau..sampe kuruuus lagi

    Lalu punya ide kasih daging mentah si dede..eh lahap dia..kasih kepala bandeng mentah semangat..

    Nah lama2 kawatir knapa2..soalnya si abu kucing ras..

    Kira2 wajar gak sih hobby makan mentah gitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: