Bagaimana low format menyelamatkan hard disk

Data pada komputer disimpan dalam bentuk digital, yang direpresentasikan dengan kombinasi satu dan nol (“1” dan “0”) atau disebut juga bilangan biner. Pada hard disk komputer, kombinasi ini disimpan dengan “mempermainkan” muatan magnet di permukaan cakram yang berputar dengan kecepatan tinggi. Manipulasi data dilakukan oleh sebuah komponen yang terletak beberapa mikrometer diatasnya, yang disebut juga head : yaitu dengan mendeteksi perubahan muatan magnet pada cakram, dan mengubahnya jika ada kebutuhan menulis atau mengganti data.

Proses tersebut membutuhkan tingkat kepresisian yang luar biasa dan melibatkan pergerakan komponen-komponen mekanis yang sangat rumit. Contohnya, bagaimana head mensinkronkan putaran cakram, yang bisa mencapai 5400 RPM (Revolution Per Minute, putaran per menit) sampai dengan 15000 RPM pada hard disk SCSI, dan membaca perbedaan muatan magnet dengan jarak yang sangat kecil, mungkin hanya beberapa piko meter. Satu unit hard disk pun bisa memiliki beberapa keping cakram dengan satu unit head di tiap cakramnya.

Tak ayal, beberapa kesalahan baca-tulis sangat mungkin terjadi. Apalagi jika proses kerja head terganggu, misalnya saat adanya aktifitas baca-tulis kemudian terjadi getaran yang membuat sang head jadi melengse (misalnya ketika kita memindahkan laptop, atau hard disk eksternal). Atau gangguan listrik yang menyebabkan hard disk berhenti bekerja secara tiba-tiba ditengah proses penulisan data.

Kejadian melengse-nya head ini berpotensi menyebabkan kesalahan penyimpanan kombinasi satu-nol pada cakram. Akibatnya pada saat dibaca oleh Operating System, data yang bersangkutan menjadi corrupt, atau rusak. Kerusakan-kerusakan kecil seperti ini masih bisa diantisipasi dengan metode error-handling yang terdapat pada firmware hard disk. Namun pada beberapa kasus ketika kesalahan ini sudah terlalu sering atau terlalu parah, maka bisa jadi metode-metode error-handling tadi menyerah dan tak bisa berbuat apa-apa untuk menyelamatkan data. Hard disk pun seringkali divonis “mengidap” beberapa penyakit, misalnya bad sector, I/O error, atau bermacam-macam lainnya.

Hard disk head

Proses low format dapat menyelamatkan hard disk dari beberapa vonis penyakit tersebut. Asal, penyakit-penyakit tersebut tidak berhubungan dengan kerusakan mekanis, seperti kerusakan aktuator penggerak head, tergoresnya permukaan cakram, atau kerusakan motor pemutar cakram. Adakalanya sebelum mempensiunkan hard disk, langkah terakhir adalah mencoba melakukan low format dan melihat bagaimana hasilnya. Low format bekerja dengan melakukan zero fill, yaitu menulis ke seluruh permukaan cakram dengan data nol.

Proses ini dapat diibaratkan mengganti lembaran kertas yang sudah penuh coretan-coretan dengan lembaran yang masih putih bersih. Pada tingkat fisik, low format mengganti semua muatan magnetis cakram dengan muatan yang setara dengan “nol”. Tentu saja dengan cara ini, seluruh data yang ada pada hard disk akan musnah. Oleh karena itu, sebelum melakukan low format pada hard disk yang bermasalah, lakukan dulu backup pada data yang masih bisa diselamatkan.

Beberapa software yang dapat membantu melakukan low format :

  • HDD LLF Low Level Format Tool
    Tool ini gratis, namun kecepatannya dibatasi 50 MBps.
  • Seagate SeaTools
    Tool ini bisa dibakar di CD atau floppy untuk dijadikan bootable disk. Tool ini memiliki Operating System (OS) sendiri, oleh karena itu sangat berguna ketika kerusakan hard disk menyebabkan OS ikut-ikutan rusak juga. Tool ini mensupport hard disk keluaran Seagate dan Maxtor

Tiap produsen hard disk juga mengeluarkan sofware yang spesifik untuk tiap produknya, diantaranya :

IBM(Hitachi)
http://www.hgst.com/hdd/support/download.htm

Seagate
http://www.seagate.com/support/disc/utils.html

Maxtor
http://www.maxtor.com/en/support/downloads/index.htm

Fujitsu
http://www.fel.fujitsu.com/home/drivers.asp?L=en&CID=1

Samsung
http://www.samsung.com/Products/HardDiskDrive/utilities/index.htm
FAQ: Low level format

Western Digital
http://support.wdc.com/download/index.asp

Sekali lagi, proses low format memusnahkan semua data yang pernah ada, sehingga proses recovery data tidak akan mungkin bisa dilakukan lagi. Dan pastikan bahwa low format adalah pilihan terakhir untuk menyelamatkan hard disk yang bermasalah.

*Picture taken from : http://hard-drive-recovery.blogspot.com/, Wikipedia

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , ,
Posted in Sains Populer, Teknologi
2 comments on “Bagaimana low format menyelamatkan hard disk
  1. GyeRie says:

    Infonya baguss gan…pertamax…. mari berkunjung ke Berita Milik KitaCara Mendapatkan Uang dari Facebook

  2. gadgetboi says:

    saya pengen melakukan low format tapi belum menemukan temen yang memiliki harddisk external untuk saya pinjam supaya saya bisa backup sementara file saya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: