Belajar dari meniru

Cina, negeri yang luar biasa. Macam-macam barang berhasil dibuat tiruannya, mulai dari yang kecil macam komponen-komponen elektronik, gadget, komputer, sampai sepeda motor, bahkan mobil, bahkan pula kapal induk.

Bagaimana Cina bisa seperti itu? Cina merupakan negara rujukan untuk melakukan proses perakitan atau produksi berbagai produk teknologi –salah satu alasannya karena tenaga kerja disana relatif murah–. Inilah yang menyebabkan seringnya kita mendapati label Made In China meskipun merk suatu produk itu bukan berasal dari Cina. Suatu pabrik produksi, meski tugasnya hanya memproduksi, pasti memegang cetak biru produk yang mereka tangani. Dari situ mereka bisa tahu rancangan dan hampir semua aspek teknis dari produk tersebut. Dari situ pulalah akhirnya mereka bisa meniru, diteliti lagi, dan setelah itu, menciptakan sendiri. Cina pun menjadi negara maju yang menguasai ekonomi dan teknologi dunia. Ya, ternyata meniru adalah sebuah proses dari belajar.

Pepatah bilang, belajarlah sampai ke negeri Cina. Nah kalo orang-orang Cina sendiri belajarnya kemana? Ke mereka-mereka yang belajar ke negeri Cina itu kali ya…

Seorang teman sekelas di SMA dulu yang sama-sama hobi menggambar, sekarang dia bisa menghasilkan uang dari menjual jasa menggambarnya lewat deviantart. Dulu kami sama-sama berangkat dari kanvas yang sama, berangkat dari titik yang sama. Bedanya, dia gemar menirukan gaya gambar komik-komik yang dia suka. Sedangkan waktu itu saya terlalu idealis dengan berusaha sekuat mungkin tidak meniru, kalaupun meniru hanya satu mangaka atau komikus yang pernah saya tiru style goresannya, yaitu Tooru Fujisawa, karena saya sangat menyukai karya beliau yaitu Great Teacher Onizuka. Akibatnya, sampai sekarang kemampuan gambar saya ya segitu-gitu aja, disamping emang pada dasarnya males dan jarang gambar lagi semenjak lulus SMA. Atau mungkin skill saya yang memang agak2 jongkok.

Dengan meniru, banyak hal bisa kita dapatkan. Aspek-aspek yang sebelumnya tidak kita tahu atau kita duga. Meniru pun menambah wawasan, karena kita seperti “membaca” tumpahan ide dari sang kreator. Inspirasi juga tak jarang muncul ditengah aktifitas meniru. Well, banyak hal yang ada di sekeliling kehidupan sosial kita yang jadi trend yang berangkat dari saling tiru-meniru. Sebut saja misalnya, fitur tabbed browser yang dipelopori browser Opera dan ditiru browser-browser modern jaman sekarang. Atau desain motor matik ala Indonesia yang dipopulerkan oleh Yamaha lewat Mio-nya, ditiru hampir semua pabrikan sepeda motor yang ada di Indonesia, sekarang jadi platform baru jenis moda transportasi roda dua.

Boleh meniru tapi jangan menjiplak, atau menerbitkan suatu karya baru hasil tiruan tanpa sedikitpun unsur2 orisinilnya. Jika memang ingin menerbitkan karya tiruan, sebutkanlah credit-nya, dan jangan lupa etika copyright. Boleh meniru blak-blakan tapi disimpan sendiri saja, untuk dipelajari unsur-unsur yang bisa dikembangkan. Tentu saja tirulah yang baik2, jangan sudah tau sesuatu itu jelek tapi tetap saja ditiru. Contohnya : kebiasaan me-mangkrak-kan blog ini begitu saja, dengan alasan ini-itu yang kadang sulit diterima oleh akal sehat. He…he…he…

Gambar diambil dari http://www.toolsnob.com

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with:
Posted in Sekitar Kita
2 comments on “Belajar dari meniru
  1. yups meniru tapi jangan menjiplak, kadang aku jg suka meniru tp cm disimpan sendiri dan dijadikan inspirasi aja😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: