Repotnya punya nama yang mirip

Kejadian ini saya alami waktu mencicipi menuntut ilmu di Kumamoto University, Jepang. Jadi ceritanya waktu itu di penghujung periode riset, saya diminta membuat laporan akhir untuk diserahkan ke pihak JASSO. Karena professor saya juga minta laporan yang serupa, sayapun ngebut menyelesaikannya jauh hari sebelum tenggat waktu yang ditentukan.

Awalnya pak professor hanya meminta draft, oleh karena itu saya pikir bukan laporan dalam format yang komplit. Eh ternyata oleh beliau laporan itu di-submit juga ke JASSO, yang berarti saya tidak perlu lagi menyerahkan ke JASSO. Tau gitu sekalian aja saya komplitkan, padahal saya udah nyiapin cover, daftar isi dan segala macamnya. Lumayanlah buat nambah2 tebel halaman.

Tapi bukan itu yang bikin saya kelabakan setengah mati. Pada hari H + 1 tenggat pengumpulan laporan, saya dapat email dari JASSO yang isinya :

(城 崇晃):
Dear Mr.Ridwan RISMANTO,

Thank you for your reply.

But we need your final report for giving you the certificate of completion.
At least, we need the information of your research title.

Please inform us as soon as possible.


Serasa disambar geledek, saya cek lagi email dari profesor yang menyatakan bahwa beliau sudah mensubmit laporan saya ke JASSO dan pernyataan beliau untuk tidak perlu lagi mensubmitnya ke JASSO. Saya baca-baca lagi, cermati lagi, mungkin ada kata-kata yang kelewatan. Jangan2 pak prof udah mulai pikun, atau emang sengaja ngerjain saya. Kemudian saya pikir, sekalian aja deh saya bikin laporan versi komplit sambil forward email ini ke JASSO untuk pembelaan.

Ngga taunya, beberapa jam kemudian ketika saya lagi sibuk mempermak laporan dengan perasaan gundah, datang email baru dari JASSO, isinya demikian :

(城 崇晃):
Dear Mr.Ridwan RISMANTO,

I’m so sorry for my previous email.
I was confused about yout name and your friends (Mr –sensored–) name.

I apologize for my mistake.

Serasa jatuh dari kursi goyang, saya memandangi email itu sambil pasang ekspresi nyengir ala Great Teacher Onizuka :

Well, orang Jepang pun juga manusia *emangnya apa kalo bukan manusa? robot?*

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , ,
Posted in Catatan Kecil
4 comments on “Repotnya punya nama yang mirip
  1. gadgetboi says:

    haks pantasan jago bahasa jepangnya:mrgreen:

  2. takuya says:

    profesor di Jepang pun bisa salah kirim gitu, hehe

Leave a Reply

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
