Unrecognized holiday

Kemarin malam saya dapat firasat tentang hari ini. Saat itu perut saya terasa mual dan ingin muntah. Dan memang tidak lama kemudian saya muntah beneran. Saya pikir, besoknya kalau kondisi saya tetep seperti ini saya ngga akan ke kampus, meski hari sebelumnya saya udah ngga ngampus sama sekali –udara dingin diluar benar2 berhasil mengikat saya hingga tetap berselimut diatas tempat tidur *dengan kata lain, males2an di kamar*–.

Begitulah, kemudian tadi pagi kondisi badan saya ternyata “mengizinkan” untuk berangkat ke kampus. Ngayuh sepeda dengan agak terburu-buru karena diburu sholat jumat, biasanya lewat jalan kampung yang meski lebih jauh tapi lebih nyaman karena sepi, kali ini lewat jalan besar yang ramai tapi lebih dekat. Sampai di kampus ada yang aneh, gerbang barat yang biasanya terbuka dan bisa dilewati mobil ternyata ditutup. Wah ada apa ini? Sampai didalam kampus saya langsung menuju gedung disebelah kantin, disitu ada ruangan di lantai dua yang biasa dipakai Jumatan. Nah pas lewat depan kantin, kecurigaan saya semakin bertambah. Sepi sekali kantinnya, ga ada satupun sepeda yang parkir didepannya padahal biasanya sampe penuh meluap2. Lampu dalamnya juga mati, dan ada tulisan dibalik pintu kaca “CLOSED, Please Call Again” –nah ini nih anehnya bahasa Inggris di Jepang, apa sengaja digituin atau karena typo, seharusnya kan “CLOSED, Please Come Again”, entahlah, penuh misteri memang negeri yang satu ini–.

Karena waktu udah mepet saya langsung saja menuju lantai 2. Kecurigaan saya memuncak, ketika liat ruang Jumatan itu penuh sesak, padahal biasanya ngga kaya gini. Saking penuhnya, shaf pun rapat2 sampai2 ketika sujud terpaksa menaruh kepala di bagian pantat jamaah yang didepannya.

Akhirnya, semua kecurigaan saya terjawab ketika selesai shalat Jumat. Ternyata, hari itu adalah tanggal merah, hari pahlawan-nya orang Jepang. Pantesan, gerbang ditutup, begitu juga kantin. Dan tentang ruang Jumatan yang penuh sesak, ternyata karena dapat “tumpahan” dari kampus sebelah, yang, karena libur, ruangan Jumatan di kampus itu dikunci, akhirnya semuanya terpaksa shalat disini.

Ah, biarpun penuh sesak namu semakin terasa indahnya kebersamaan, ternyata di Negeri yang notabene tidak mengenal agama ini, masih banyak umat Muslim yang berkumpul untuk melaksanakan shalat Jumat. Berbagai umat Muslim dari berbagai negara berkumpul disini. Indonesia, Malaysia, Palestina, Syiria, bahkan Jepang, dan banyak lagi yang saya belum tau mereka2 dari mana saja.

Lalu apa hubungannya dengan firasat? Ternyata, mual2 saya semalam sebelumnya menandakan kalau hari ini saya tidak perlu berangkat ke kampus, kecuali untuk shalat Jumat.😀

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , ,
Posted in Catatan Kecil, Sekitar Kita
6 comments on “Unrecognized holiday
  1. kena razia lagi dech komen saya :((

  2. radesya says:

    heheh… seneng baca ceritana..🙂

    sekarang kakak dah baikan?

  3. fahmi says:

    jaga kesehatan mas,, di sini lagi banyak virus flu menular… saya korban nya..😦

  4. takuya says:

    em, kuliahnya dimana? ko ada jepang-jepangnya gitu?😀

  5. Rismanto says:

    @ Firaun : hehehe sy emang kadang suka rajin razia, tapi lebih sering inisiatif sendiri untuk berkunjung. hihihi…

    @ Rara : udah ra, kemaren mual2 ternyata karena kekurangan udara bersih, maklum kalo musim dingin gini kamar ditutup rapat2 biar udara dingin ga masuk.

    @ Fahmi : betul…betul, di sby apa ya masih suka hujan sekarang?

    @ Takuya : disini di Kumamoto Univ. kebetulan memang letaknya ada di Jepang😀

  6. nindaaa says:

    hehe dasar
    yang namanya bersama2 pasti indah kok😛

Leave a Reply

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
