Jangan lupa tutup keran airnya

Keran air sudah jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Benda yang satu ini berfungsi mengendalikan debit air yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan yang mendukung kehidupan manusia. Namun perannya bisa jadi penyebab malapetaka hanya karena kesalahan kecil yang tidak disengaja.

Hampir semua penduduk perkotaan menggantungkan kebutuhan air pada PDAM lewat jaringan pipa dalam tanah yang sangat rumit dan panjang, berkelok2 serta bercabang2. Apapun bisa terjadi setiap saat pada kelangsungan pasokan air dari PDAM ini. Hampir semua pelanggan PDAM pernah mengalami “mati air”. Bisa jadi karena gangguan teknis, bisa pula karena PDAM menghentikan pasokan air pada saat2 tertentu.

Nah seringkali pada saat kita membuka keran air pas lagi “mati air”, karena terburu2 atau alasan lain, kita lupa menutup kembali kran tersebut. Akibatnya saat debit air kembali mengalir, air langsung menggelontor deras. Yang jadi masalah adalah saat kejadian itu berlangsung, tidak ada orang yang mengetahuinya. Entah karena sedang terlelap atau memang tidak ada orang dirumah. Tau-tau seisi rumah sudah jadi kolam ikan atau bahkan rawa-rawa. Bayangkan, saat rumah ditinggal keluar kota hingga berhari-hari. Wah…berapa liter air yang terbuang sia-sia.

Pernah suatu kejadian di asrama angkatan laut Surabaya saat menjalani ospek kampus selama 2 minggu. Tiap kamar asrama dihuni 4 orang dan dilengkapi kamar mandi. Kamar saya terletak di lantai 2. Waktu itu acaranya adalah refreshing, seluruh peserta ospek diajak wisata ke kota tetangga selama satu hari penuh.

Nah pada saat pulang balik ke asrama, malam2, baru mau buka pintu kamar, dari dalam terdengar suara gerojokan air disertai genangan air dibagian bawah pintu. Begitu pintu dibuka, whoa….seisi kamar sudah jadi kolam renang. Air yang berasal dari kamar mandi itu menggenang setinggi mata kaki. Ternyata air mengalir deras dari keran bak mandi. Setelah dicek, bukan karena kerannya yang rusak, tapi memang sedang dalam posisi terbuka.

Tambah parah, saluran pembuangan air di kamar mandi yang letaknya tepat dibawah kamar saya ternyata tidak lancar alias buntu. Tak ayal lagi, kondisi kamar di lantai 1 itupun mirip seperti kamar saya karena dilewati pipa pembuangan dari atasnya. Akhirnya meskipun capek setelah seharian jalan-jalan, kami berempat (berdelapan jika ditambah penduduk kamar bawah) terpaksa “menguras kolam tak diundang” itu. Untungnya air tidak sampai membasahi apa-apa.

Begitulah, kesalahan sepele tapi efeknya bikin memble. Repotnya, ada beberapa keran air yang arah putaran untuk buka-tutupnya beda dari keran pada umumnya. Nah buat pemilik rumah mungkin sudah hafal ke arah mana keran harus diputar untuk membuka/tutup. Kalau orang lain yang ngga tahu, bisa-bisa maksudnya baik, mau nutup keran, eh malah jadinya terbuka. Dan tidak sadar karena kondisinya lagi “mati air”. Aneh juga pembuat keran-keran seperti ini, apa memang dikhususkan untuk orang kidal ya?

Anyway, berhati-hatilah. Ingat, langsung tutup keran air saat mendapati tidak ada setetes airpun yang keluar saat membukanya. Waspadalah, waspadalah!!๐Ÿ˜€

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: ,
Posted in Sekitar Kita
4 comments on “Jangan lupa tutup keran airnya
  1. vany says:

    Saia jg membiasakan utk menutup keran air di rmh krn dulu prnh lupa, terus kena marah papa..hehehe
    Seharusnya kita memang peduli lingkungan dimulai dari hal2 yg kecil ya, termasuk menutup keran air slh satunya…๐Ÿ˜€

  2. rismanto says:

    iya, tapi yah manusiawi kalo sampai kelupaan. pokoknya jangan sering2 aja lupa nya hehehe…

  3. andinoeg says:

    Kayak iklannya Sariwangi

  4. Asop says:

    Kalo saya sih melihat peristiwa itu malah ngambil kesimpulan gini:
    Ternyata di mana-mana asrama institusi itu sama aja kurang terawatnya.๐Ÿ™‚
    *maap*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: