Google Chrome OS di negara payah internet

Pasti banyak yang udah tau bahwa Google tengah mencetak sebuah OS baru yang “katanya” revolusioner, sebuah OS baru berbasiskan web browser, javascript-ajax, dan linux. Ya, Chrome OS tak lain “hanyalah” sebuah distro linux lain yang dipangkas fungsionalnya dan diinjeksi OS Chrome yang udah diluncurkan Google terlebih dulu beberapa bulan yang lalu. Menurut developernya, OS ini bisa booting hanya dalam waktu 10 detik dan siap dipake buat ngapa2in. How come? segala service linux standar yang menurut Google ga penting dihilangkan, dan satu2nya program native yang berjalan adalah web browser. Lalu gimana program2 yang lain macam word processor, spreadsheet, dll? Chrome OS mengandalkan aplikasi berbasis javascript, ajax dan flash, intinya apapun yang biasa kita buka di browser akan dapat dibuka n dijalankan disini. Bahkan katanya Google bakal membuat API javascript khusus yang bisa menampilkan gambar 3D, jadi diharapkan bakal ada game 3D di OS ini (muluk banget cita2nya, jgn2 nanti nasibnya kaya VRML yang mpe sekarang ga kedengeran lagi).

Konsep UI Chrome OS (click to view larger)

chrome1

chrome2

Pertanyaannya, darimana aplikasi2 itu didapat? Jawabannya adalah : online. Yah…ga beda dengan klo kita browsing, cuman bedanya komputer yg kita pake browsing cuma bisa dipake browsing saja. Jangan mimpi bisa jalanin program lain macam grafik editor kaya photoshop, gimp (mungkin karena OS ini sebenernya adalah linux, suatu saat ada versi baru yg bisa jalanin program2 linux), apalagi main game macam The Sims atau Call of Duty. Jadi meski komputer kita berprosesor Core i7 dengan VGA HD 4670, ya tetep aja cuma buat ngejalanin browser.

Lalu gimana dengan di Indo sini yang notabene internet cepat masih merupakan barang mewah? (saya menyebut internet cepat, karena memang, internet yang “asal konek” bukan lagi hal langka disini, tapi internet CEPAT adalah MASIH barang mewah). Kayanya kita musti harus bersabar buat bisa bener2 meniktmati esesnsi dari konsep baru OS ini. Segala aplikasi harus dijalankan secara online (atau pake GoogleGears agar aplikasi ajax bisa dijalankan offline) bahkan data2 kita akan disimpan di media storage online. Ditempat saya yang buka situsnya fesesbook yang banyak ajax nya aja masih susah banget karena koneksi IM2 yang hidup segan mati pun tak mau, apalagi mau ngejalanin aplikasi2 lain yang khusus diciptakan buat Chrome OS. Saya ga bisa bayangin, klo suatu saat ada developer yang membuat software mirip photoshop berbasiskan javascript, kaya apa beratnya loadingnya. Dan betapa ribetnya ketika mau presentasi tugas kuliah musti konek internet dulu, dan tengah2nya presentasi internetnya putus….teng tonggg……

Sekuriti? Jangan berharap banyak dari aplikasi berbasis javascript. Source code program otomatis terdownload saat kita membuka/menjalankan program berbasis javascript. Jadi nanti kalo ada software accounting yg dijalankan di Chrome OS, kita bisa berbuat “macam-macam” coz source code nya bisa kita manipulasi secara on the fly, ga butuh compile ulang, cukup tekan tombol refresh. Yah mungkin Chrome OS memang bukan diciptakan untuk enterprise, tapi saya rasa nanggung juga kalo sebuah OS cuma bisa buat menjalankan web browser. Apalagi, semua aplikasi bisa dijalankan di web browser, itu artinya, OS lain seperti Windows dan Mac juga bisa menjalankannya, dan bahkan mereka bisa melakukan lebih dari Chrome OS, dengan kemampuannya menjalankan aplikasi desktop. Pada akhirnya, Chrome OS hanya jadi sebuah pemanis lain di etalase jualan Google…mungkin…kita lihat saja kedepannya.

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , ,
Posted in Teknologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: