Noise Reduction dengan Adobe Photoshop

Noise sering muncul pada hasil foto digital karena berbagai hal. Bisa karena pencahayaan yang kurang, atau faktor-faktor lainnya. Yang jelas, kehadiran noise adalah “tamu tak diundang”. Banyak cara untuk mengatasi noise ini. Banyak juga software yang bisa dipakai. Tidak ketinggalan, software wajib milik Adobe yang sangat tersohor, yaitu Photoshop.

Step 1
Buka file gambar yang mengandung noise dengan Photoshop. Gambar dengan banyak noise biasanya terdapat bintik2 berwarna-warni merah, hijau atau biru dan warna-warna serupa.

Step 2
Buka menu Image >> Mode >> Lab Color. Dengan cara ini gambar akan dipisahkan menjadi channel Lightness, a dan b. Dimana channel Lightness menyimpan black and white, sedangkan a dan b menyimpan informasi warna. Pada banyak kasus, noise terdapat pada channel a atau b ini sehingga kita bisa mengurangi noise secara signifikan tanpa membuat foto terlalu nge-blur terutama pada channel lightness-nya.

photoshop-1

Step 3
Pada pallete Channel, pilih channel a dengan cara mengkliknya. Untuk menampilkan pallete Channel, klik menu Window >> Channel. Anda akan mendapati gambar anda menjadi samar dan penuh dengan abu-abu.

Kemudian klik menu Filter >> Noise >> Median. Geser slide atau masukkan angka sehingga gambar abu-abu anda menjadi semakin kabur, namun tidak benar2 kabur jadi abu-abu polos. Lakukan hal yang sama pada channel b. Anda bisa melihat hasil sementara dengan mengklik channel Lab.

photoshop-2

Step 4
Sekarang setelah noise sudah lumayan berkurang, kita akan melakukan sharpness pada layer lightness. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi gambar yang kehilangan ketajaman setelah apa yang kita lakukan pada channel a dan b.

Klik pada channel Lightness kemudian buka menu Filter >> Sharpen >> Unsharp Mask. Geser-geser slide sesuka anda dengan cara coba-coba hingga hasilnya sesuai. Untuk awalnya, coba dengan nilai default, kemudian lihat pada channel Lab. Jika hasilnya kurang memuaskan, tinggal undo atau back pada history dan ulangi dengan mengubah nilai2 yang sekiranya sesuai.

photoshop-3

Step 5
Setelah selesai, kembalikan mode warna ke mode RGB dengan cara mengklik menu Image >> Mode >> RGB Color. Anda akan mendapati noise yang berkurang tanpa kehilangan terlalu banyak ketajaman gambar.

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: ,
Posted in Multimedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: