Opera 10 with Turbo

Opera merilis versi snapshot (atau versi beta) dari browser Opera versi 10 yang dilengkapi fasilitas Opera Turbo. Fasilitas ini diklaim dapat meningkatkan kecepatan browsing secara signifikan menggunakan teknologi kompresi dan proxy server farm, suatu terobosan baru dari “the big O (Opera)”

Fasilitas Opera Turbo ini akan sangat terasa bagi mereka yang berinternet dengan kecepatan koneksi sangat terbatas (dibawah100kbps) dengan teknologi kompresinya, siapapun dengan koneksi lambat ini dapat merasakan peningkatan kecepatan hingga 4 kali lipat. Selain itu, jumlah data yang didownload saat me-load halaman2 situs juga akan berkurang dan akan sangat terasa bagi yang menggunakan internet dengan aturan quote-based (dibatasi jumlah download dan upload) contohnya seperti saya yang masih pakai Indosat M2 Broom Unlimited.

Opera Turbo aktif

Opera Turbo aktif

Lalu gimana caranya koq Opera bisa kaya gitu? Opera Turbo menggunakan sebuah server (atau banyak server yang disebut server farm) sebagai sebuah proxy. Saat kita me-request satu halaman situs, lalulintas data akan “mampir” dulu ke server farm Opera dan akan dikompres terlebih dahulu, baru kemudian diteruskan ke pengguna. Dengan cara ini, Opera dapat menghemat trafik sampai dengan 80%. Meski dengan sedikit penurunan pada kualitas gambar akibat dari kompresi ini.

Opera Turbo diagram

Opera Turbo diagram

Versi terbaru saat tulisan ini dibuat juga menyertakan fasilitas Opera Unite, dimana browser Opera dapat dijalankan sebagai server untuk berbagi file, foto, atau bisa juga jadi 100% web server stand-alone. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Selain itu juga terdapat perubahan radikal pada tab sistem. Sekarang tab-tab dapat menampilkan thumbnail halaman situs yang sedang terbuka. Penemuan yang lumayan “segar” ^^ Lagi-lagi Opera bikin terobosan yang belum pernah terpikir oleh browser-browser lain.

op-turbo-tab-up

op-turbo-tab-left

Opera versi 10 ini masih dalam tahap beta. Jadi harap maklum jika masih terdapat beberapa bug atau bahkan crash. Saya sendiri sudah mencoba sekitar 2 mingguan dan belum pernah ada masalah. Kinerja Turbo sangat terasa saat koneksi IM2 jadi lelet kaya uler keket. Bisa dibilang, ini sebuah terobosan paling mantab dari Opera. Namun saya ragu, kalau nanti semakin banyak orang yang memanfaatkan turbo ini, bisa jadi servernya kewalahan dan justru semakin lambat. Atau paling tidak sudah ga se-optimal sekarang. Kita lihat saja nanti ^^

Download Opera 10 Turbo disini (Windows)
Macintosh
UNIX

Opera Desktop Team’s Blog

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: ,
Posted in Teknologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: