Apa ada yang salah dengan Firefox 3.5?

Karena hippies tentang rilis Firefox terbaru yang udah menginjak versi 3.5, maka saya pun penasaran ikut mencoba. Meski saya bukan penggemar Firefox (saya setia dengan Opera sejak tahun2 awal saya melek internet), tapi karena gembar-gembor engine browser yang lebih ringan, JavaScript yang lebih cepat, dan lain2, saya tergoda untuk membuktikannya sendiri.

Setelah saya unduh Firefox di situs resimnya, install, dengan sebelumnya menghapus firefox 2.0 yang telah lama mangkrak di laptop saya. Pada saat instalasi ada beberapa plugin yang sudah saya tebak tidak kompatibel dengan versi baru ini dan tidak ada update dari authornya yang akhirnya dengan terpaksa harus diuninstal atau disable. Itulah alasan saya masih bertahan dengan versi Firefox 2.0, ada beberapa plugin yang saya butuhkan namun tidak lagi disupport versi 3 keatas.

Setelah proses instalasi selesai, saya jalankan, buka beberapa situs dengan 2-3 tab terbuka. Baru beberapa menit kemudian saya tersadar, kenapa rasanya lambat banget ya…bukan lambat buka situsnya, tapi Firefoxnya. Respon ketika ganti tab, klik kanan, klik link, terasa sangat tidak nyaman. Karena saya lagi buka Facebook, saya berpikir mungkin karena Facebook penuh dengan javascript. Saya coba close tab Facebook, namun sama saja. Kemudian saya buka Task Manager.

Betapa kagetnya saya, satu proses yang bernama firefox menghabiskan sisa load prosesor yang ada, sehingga kalau dilihat di tab performance, load prosesor sampai 100%!. Seluruh aplikasi yang saya jalankan pun jadi sangat lambat, dan ada beberapa yang not responding. Wah-wah…kacau…kemudian saya tekan tombol close pada Firefox, butuh waktu beberapa detik untuk bereaksi baru kemudian jendela Firefox tertutup. Tapi tunggu…kenapa kipas pendingin prosesor laptop saya masih berputar kencang? Saya buka lagi Task Manager, ternyata loadnya masih 100%, saya lihat tab process, eeehh, masih ada proses firefox dengan CPU load terbesar. Baru setelah saya End Task proses tersebut, load prosesor kembali normal.

firefox-bloated

screenshot – click to view larger

Saya coba jalankan lagi berkali-kali, namun efeknya sama saja.

Ada apa dengan Firefox 3.5? Pengalaman saya dengan berbagai browser internet tidak pernah seperti ini. Apalagi dengan Opera yang meski terbuka belasan tab bersamaan tapi tidak pernah bikin prosesor full load. Masa browsing aja butuh prosesor load 100%? Padahal gembar-gembor Mozilla dengan Firefoxnya yang baru adalah, engine yang telah banyak peningkatan, lebih efisien, dan bla bla bla. Tapi kenapa jadi seperti ini? Atau ada sesuatu di instalasi atau OS windows saya? Tapi dengan aplikasi lain tidak pernah ada masalah…

Adakah yang mengalami kejadian serupa seperti saya?

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , ,
Posted in Teknologi
2 comments on “Apa ada yang salah dengan Firefox 3.5?
  1. Mr. Mokko says:

    Ada……….
    Justru saat koneksi lambat……..
    Sea Monkey yang ku kerjakan…………..
    Jadi Malah bingung nih cari pengganti firefox 3.5 yag lemot………….

  2. RenXe says:

    ganti opera 10.5 aja mas…
    engine nya udah di-overhaul jadi lebih mantab🙂

Leave a Reply

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
