Cara memfilter email di yahoo mail

spam

Sebel juga kalau email kita dipenuhi sampah. Tentu saja bukan sampah basah/kering/recycleable. Sampah-sampah email berasal dari spam, milis, atau situs2 jaringan sosial macam facebook, friendster, dan sebagainya. Memang paling baik punya account email khusus untuk dipakai gabung situs2 yang berpotensi mengirimkan sampah tersebut, namun apa daya ada juga diantara kita yang sudah terlanjur pakai email resmi. Email-email penting dari kolega atau rekan kerja atau sahabat atau mungkin pacar, jadi tenggelam diguyur sampah-sampah tersebut yang akhirnya jadi terlewatkan.

Trus gimana kalau udah terlanjur runyam gini? Masih ada satu jalan keluar. Gunakan fasilitas filter. Tiap layanan webmail hampir pasti punya fasilitas ini meski nama dan cara pakai nya beda-beda. Saya akan coba ulas pada yahoo mail.

Filter pada situs ini bekerja dengan mendeteksi kata-kata yang cocok pada bagian-bagian email dengan kriteria pemfilteran, seperti from header (nama/email pengirim), To/Cc header (nama/email penerima), subject (judul), body (isi). Email yang terfilter dapat secara otomatis dimasukkan ke folder tertentu sehingga inbox anda akan tetap bersih.

Caranya cukup mudah, dan mungkin sudah banyak yang tahu, tapi banyak juga yang belum paham. Oke langsung saja buka situs http://mail.yahoo.com , kemudian login account anda.

  1. Pada pojok kanan atas, klik menu Options >> Mail Options
  2. Pada kolom sebelah kiri, pilih Filters
  3. Pada kolom sebelah kanan, klik Create or edit filters, anda akan langsung dibawa ke halaman pengaturan Filters
  4. Klik tombol Add, beri nama Filter Name terserah anda, misal facebook. Di bagian tengah yang terdapat beberapa textbox adalah kriteria pemfilteran. Anda dapat memfilter berdasarkan pengirim, penerima, judul dan isi. Dalam contoh kali ini kita akan memfilter tiap email yang dikirim oleh situs facebook
  5. Pada textbox From header, pilih “contains” kemudian ketik “facebook” tanpa tanda kutip. Jika ingin filter mencocokkan besar-kecil huruf, silahkan centang match case. Tapi dalam contoh kali ini tidak perlu.
  6. Pada bagian paling bawah, pada Move the message to :, pilih ke folder mana email tersebut akan “dibuang” atau anda bisa membuat folder baru dengan memilih [New Folder]. Kalau sudah klik Add Filter. Jika anda memilih [New Folder] akan ada dialog yang menanyakan nama folder baru yang akan anda buat. Pada contoh ini ketik saja “facebook” tanpa tanda kutip.
  7. Filter anda sudah jadi. Anda akan dibawa kembali ke halaman daftar filter. Pada kolom sebelah kiri adalah list nama filter yang pernah anda buat. Klik pada nama filter untuk menampilkan deskripsi. Pada contoh ini anda akan mendapati :
    facebook
    
    If...
    
       From contains "facebook"
    
    Then...
    
       Move message to facebook folder
    

    Cukup jelas kan maksud dari kata-kata diatas?😀

Selanjutnya, tiap ada email masuk yang pengirimnya mengandung kata “facebook” maka otomatis akan tersortir dan langsung masuk folder facebook. Inbox anda akan tetap bersih dan email penting tidak akan terlewat. Yah…kecuali ada teman anda yang alamat atau nama emailnya mengandung kata yang terfilter, mungkin anda perlu mengubah sedikit parameter filternya dengan kata yang sekiranya hanya ada pada pengirim spam.

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , ,
Posted in Sekitar Kita, Teknologi
3 comments on “Cara memfilter email di yahoo mail
  1. wengpruet says:

    salam mas,
    saya minta izinnya untuk copy-paste tulisan mas di blog saya yak…
    sebab mungkin aja bisa ngebantu temen² yg lagi kesulitan dibidang ini sy ambil yg “Cara memfilter email di yahoo mail”. sebab pasti banyak yg kesulitan…
    untuk copyright sy akan sertakan halaman page anda mas..🙂

  2. RenXe says:

    ok, dengan senang hati ^^

  3. liza says:

    kalo punya aq tuh, email dari orang2 ga pernah masuk ke inbox.. temen aq sampe pegel.. tau na masuknya di spam.. nah lho, gimana cara supaya email2 selanjutnya ga nyasar ke spam lagie.. tapie masuknya ke inbox..
    ok trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: