Net2Ftp : Trik upload banyak file lewat web-based FTP

Buat mereka yang banyak berkecimpung dengan pengembangan website tentu tidak asing lagi dengan FTP. Protokol ini sering dipakai sebagai media transfer file baik upload maupun download dari server hosting ke komputer development kita di kantor/rumah. Bahkan mungkin rekan-rekan blogger yang meng-host sendiri blog nya cukup familier juga dengan FTP ini.

Adakalanya repot juga karena untuk bisa ber-FTP kita butuh software FTP client (FileZilla, WinSCP, dll) dan biasanya file yang akan ditransfer terlalu banyak sehingga memakan waktu lama. Kadang lebih baik mentransfer 1 file besar daripada banyak file kecil2. Buat yang internetnya quota-based, transfer banyak file juga memboroskan bandwith soalnya kadang jika transfer gagal maka software otomatis mengirim ulang. Nah kalo file nya cuma 1 sih gapapa, tapi kalau banyak file dan banyak yang gagal, tanpa sepengetahuan kita bandwith kita habis buat mentransfer file-file tersebut (saya pernah mengalaminya T__T). Belum kalau koneksi inet kita lelet, wah tambah gelap dunia ini jadinya😦

Nah kalau gitu kita jadiin satu aja file kecil2 itu jadi 1 file besar dan manfaatkan web based FTP yang bisa kita buka lewat browser, tanpa butuh software FTP client. Caranya? buka : http://www.net2ftp.com

  1. login sesuai dengan account dan password ftp, jangan lupa masukkan juga alamat server ftp anda.
  2. pada komputer anda, siapkan file-file yang akan diupload sekaligus susunan direktori yang nanti diinginkan ketika file tersebut sudah berada di server. Compress file2 tersebut dengan format Zip. Anda bisa download 7zip disini untuk freeware yang setara dengan WinZip
  3. pada net2ftp, navigate ke direktori dimana file-file nanti akan anda letakkan kemudian klik Upload pada bagian kiri-atas dan pilih file Zip anda tadi. Klik tombol centang untuk meproses upload.
  4. Sampai sini file anda telah terupload, namun kita masih harus men-dekompress file Zip tersebut. Beri tanda centang pada file zip dan klik tombol Unzip pada bagian kanan-atas. Pilih direktori, tekan tombol centang dan biarkan server net2ftp yang menjalankan tugas mendekompress file anda sekaligus menatanya sesuai direktori-direktori yang telah anda susun tadi.

Jauh lebih mudah dan efisien😀

Perlu diingat juga, karena net2ftp ini layanan umum, mereka menentukan maksimum waktu proses yaitu tidak lebih dari 30 detik (kalau tidak salah) jadi perkirakan juga banyaknya file dalam 1 Zip. Semakin banyak maka semakin lama proses dekompresi-nya. Kalau file anda banyak sekali, maka ada baiknya memecah dalam beberapa file zip dan mendekompresinya satu demi satu.

Kalau anda cukup beruntung (atau cukup berduit) dengan punya server sendiri, bisa juga anda download source code net2ftp (bisa anda dapatkan di situs net2ftp : http://www.net2ftp.com)dan menginstallnya sendiri disitu. Anda juga bisa membuka layanan serupa seperti pada net2ftp, akan banyak teman2 kita yang tertolong dengan kebaikan anda ^^

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , ,
Posted in Teknologi
8 comments on “Net2Ftp : Trik upload banyak file lewat web-based FTP
  1. okebanget says:

    Bermanfaat nih infonya. BTW pake net2ftp aman ga dari hijack? Trus gimana klo kita pake 1 IP adress yang ga akan bisa diakses selain oleh IP kita?

  2. RenXe says:

    meski kita mengupload lewat browser, file kita tetap akan ditransfer lewat protokol FTP dengan keamanan standard ala ftp . isu keamanan mungkin antara komputer kita dengan server net2ftp dimana masih menggunakan protokol web biasa (http)

    untuk IP yang hanya kita yang bisa akses, mungkin ga bisa, soalnya IP yang tercatat otomatis IP server Net2Ftp. bikin aja pada server ftp anda 1 rule yang memperbolehkan IP Net2Ftp mengaksesnya.

  3. kissmeguntur says:

    Hallo mas Ridwan, pa kabar…mo nanya boleh ya… mas pake hosting 000webhost ya? kalo update nameserver(ns)nya gimana ya mas? saya dah coba dari cpanel tapi gak ketemu tuh….
    Tolong ya mas….
    thank you…

  4. RenXe says:

    halo bang Guntur…
    namespace server anda di 000webhost sudah ditentukan oleh 000webhost dan tidak bisa diubah.

    saat anda membuat account baru di 000webhost, anda diberi pilihan, mau pake subdomain yang disediakan 000webhost atau punya domain sendiri. kalau anda pakai nama domain sendiri, maka harus sama dengan nama domain yang nanti anda pakai. sekali anda memilih, maka udah ga bisa diubah lagi. klo mau ubah ya bikin hosting account baru, trus pindahkan semua data anda ke hosting baru tersebut.

    untuk nyambungin domain dan hosting ini sebagai berikut. misal domain saya ini, renxe.co.cc. di kontrol panel domain anda (tergantung dimana anda membeli/mensetting domain name anda, dalam kasus domain saya maka kontrol panel domain ada di situs http://www.co.cc) ada fasilitas untuk men-setting nameserver. masukkan aja nameserver yang dikasih oleh 000webhost ke situ (ingat, nama domain anda harus sama persis dengan ketika anda membikin account hosting di 000webhost) waktu yang dibutuhkan agar domain dan hosting nyambung biasanya 24-48 jam.

  5. amier says:

    bos mw nanya nih gimana ya caranya menginstal kembali fili joomla yang sudah jadi di server lokal kita? masalahnya kan begini setelah file saya saya zip terus karena hard disk saya kecil akhirnya folder xamp yang ada di com saya kuhapus juga , tragisnya setelah xamp kuinstal lagi dan folder joomla saya letakkan di hotdog kok gak bisa conect ya ? mohon pencerahannya Trims banyak

  6. RenXe says:

    untuk memindahkan joomla yg udah jalan di komputer kita ke komputer lain, selain filenya, harus memindahkan database nya juga (dump database)

    di kasus anda, file instalasi joomla udah hilang, tapi kemungkinan database nya masih ada. untuk itu, tinggal setting aja di konfigurasi joomla anda untuk menggunakan database yang sebelumnya anda pakai.

  7. Cloud says:

    Mas,q kan dah upload file wordpress yg dah q zip di net2ftp kan?Tapi kok q gak nemuin unzip ya?gimana mas cra memisahkan file .zip wordpresnya?thnx

  8. Yanto says:

    Hallo Mas Ridwan, miohon maaf nih ganggu, ana baru saja memdaftar hosting di ekstrim, tapi setelah masuk di rootnya web ana, terus mau masuk di “htdocs”nya kita diminta log in di ” net2ftp – a web based FTP client “tapi setelah password dan usernamenya dimasukkan tanpa sisa malahan mas heheh3…., tetapi kok ga bisa masuk ya mas, apa ada prosedur yang kurang, mohon pencerahannya ya mas ,…..Terimakasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: