Tweaking Opera : Biar browsing tambah asyik

Opera punya segudang fitur standar yang tidak dimiliki browser-browser lain. Fitur standar dalam hal ini adalah fitur bawaan yang sudah terinstall didalamnya tanpa tambahan plug-in atau widgets seperti yang sering kita jumpai pada rivalnya, Firefox. Saya sendiri merupakan pengguna setia Opera sejak versi 7 yang dirilis beberapa tahun yang lalu. Saat ini Opera sudah menginjak versi terbarunya yaitu 9.6. Dan sampai sekarang belum ada yang mampu menggoda hati saya untuk pindah ke lain hati, bahkan kehadiran Google Chrome pun sama sekali ngga mengusik keteguhan hati saya pada Opera ^^ IE 7? Lirik pun tidak😀

Opera sendiri sejak awal merupakan pencetus ide-ide orisinal yang banyak ditiru browser-browser yang lebih baru. Diantaranya, Tabbed browsing, Operalah yang pertama kali menemukannya. Dan yang ditiru oleh Google Chrome, Speed Dial, yang menampilkan thumbnail dan link halaman situs favorit anda ketika membuka tab baru. Searching content pada address bar juga Opera yang mendahului, diikuti oleh Firefox. CMIIW.

Nah, saya ingin bagi beberapa tips otak-atik Opera yang membuat Opera browser ampuh sekaligus nyaman menemani jalan-jalan anda di dunia maya. Simak terus.

Instant rendering

Setting ini membuat Opera langsung menampilkan halaman web tanpa menunggu loading selesai, sehingga browsing terasa lebih cepat.

  1. Buka Tools >> Preferences >> Browsing
  2. Pada combo box Loading, pilih Redraw Instantly

Intuitively minimize tabs

Jika anda terbiasa dengan taskbar windows, maka anda dapat meminimize window yang sedang aktif dengan cara mengklik aplikasi tersebut pada taskbar. Hal yang sama dapat anda lakukan ketika ingin meminimize tab yang sedang aktif dengan mengklik tabnya. Cara ini lebih praktis dan cepat ketika anda ingin kembali ke tab yang aktif sebelumnya.

  1. Buka Tools >> Preferences >> Tabs, klik Additional tab options
  2. Beri tanda centang pada Click on tab to minimize

Increase threading/pipelining number

Cara ini banyak dilupakan browser-browser modern dengan alasan koneksi internet jaman sekarang sudah semakin cepat jadi tidak perlu membuka pipeline terlalu lebar. Pipeline ini ibaratnya jalan tol, semakin lebar maka semakin anti macet, meski mobil yang lewat diatasnya lebih ramai. Dalam hal ini mobil adalah transfer data ketika anda browsing dan membuka-buka situs.

  1. Buka Tools >> Preferences >> Network
  2. Pada combobox Max connections to server, pilih 128
  3. Lakukan hal yang sama pada combobox Max total connections

Show us what Opera really does while loading a page

Seperti yang sudah pernah saya ulas sebelumnya, Opera dapat menampilkan penjelasan singkat tentang apa yang sedang dilakukannya ketika meload sebuah halaman, termasuk kecepatan transfer data saat membuka halaman tersebut.

  1. Buka Tools >> Appearance >> Toolbars
  2. Pada combobox Progress Bar, pilih Pop-up at bottom

Quick Preferences

Dengan menekan tombol F12, anda bisa mengakses shortcuts ke setting yang sering dipakai, antara lain, setting untuk blokir pop-up, mengaktifkan & nonaktifkan proxy server, menonaktifkan javascript, menonaktifkan cookies, dan lain-lain.

Bookmarks gallore

Opera termasuk browser yang sangat memanjakan para pebrowsing kelas berat dengan fiturnya untuk menangani bookmarks yang sangat lengkap. Diantaranya :

Bookmarks management

  1. Buka menu Bookmarks >> Manage Bookmarks
  2. Sebuah tab baru akan dibuka dengan tampilan mirip windows explorer yang berfungsi khusus untuk menangani bookmarks, antara lain, buat folder baru, tambah bookmarks, delete, edit, buat separator, export, import dari browser lain, dan buanyaaak lagi.

Export bookmarks to HTML

Sering bepergian? Pindah-pindah komputer? Sementara anda ingin tetap mengunjungi situs-situs kesayangan tanpa harus mengingatnya satu demi satu? Export saja ke html. Dengan cara ini, seluruh bookmarks pada Opera akan di-eksport ke satu halaman html dengan link ke situs-situs yang tersimpan di bookmarks anda. Halaman html ini tentunya bisa dibuka di browser manapun, tanpa memikirkan kompatibilitas lagi (secara semua browser bisa buka halaman HTML gitu loh ^^ )

  1. Buka File >> Import and Export >> Export Bookmarks as HTML
  2. Beri nama file HTML anda

Cara lain, bisa juga lewat tab Manage Bookmarks, klik tombol File >> Export as HTML

Synchronize Opera

Salah satu fitur inovatif dari Opera, anda bisa menyimpan bookmarks sekaligus setting anda di server Opera, yang kemudian dapat anda buka kembali dimanapun anda berada, asal masih menggunakan Opera. Atau bisa juga diakses lewat halaman personal anda pada Opera Web.

  1. Daftarkan diri anda sebagai member pada web my.opera.com
  2. Buka File >> Synchronize Opera, masukkan username dan password yang telah anda daftarkan tadi di form yang tampil
  3. Anda bisa menentukan apa saja yang akan anda simpan di server Opera dengan mengklik Opera Link Options pada form tersebut

Web developer useful tools

Pengalaman saya sebagai developer web, sangat terbantu dengan fitur Opera yang mampu menampilkan elemen-elemen pada sebuah halaman web tanpa membuka source codenya sehingga bisa cepat diketahui kesalahan-kesalahan layout yang terjadi.

  1. Pastikan View Bar sudah ditampilkan dengan. Jika belum, Buka Tools >> Appearance >> Toolbars, beri tanda centang pada View Bar
  2. Anda akan mendapati tombol Author Mode yang merupakan drop-down untuk memilih tool yang anda kehendaki.
  3. Klik tanda panah disamping tombol Author Mode untuk memilih tool-tool tersebut.
  4. Ingat, saat anda mengklik tombol Author Mode (bukan klik panahnya) maka tombol akan berganti nama menjadi User Mode. Klik lagi tombol ini untuk mengembalikan ke Author Mode.

Sebagai contoh tool yang sering saya gunakan adalah Block Structure. Dengan ini Opera dapat menampilkan elemen-elemen html yang menyusun layout halaman web yang sedang dibuka. Selain itu masih banyak lagi tool yang dapat anda gunakan, antara lain menampilkan halaman jika tanpa CSS, dan lain-lain, silahkan otak-atik sendiri ^^

Other nice features

Sebenarnya masih segudang fitur-fitur Opera yang ingin saya bahas, namun dikarenakan keterbatasan-keterbatasan yang saya miliki (alasan aja, aslinya seh emang agak males nulis panjang2 hehehe..) sementara itu saja yang saya bahas ^^ Fitur2 menarik lainnya antara lain, Mail client, Torrent downloader, Chat client, Feeds reader, dan lain-lain, jadi pe-er anda untuk mengotak-atiknya. Dan jangan lupa, share tips-trik yang anda temukan bersama browser unik nan asyik ini yah ^^ Salam.

Download Opera here >>
Other features resource >>

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , ,
Posted in Teknologi
6 comments on “Tweaking Opera : Biar browsing tambah asyik
  1. Ray Kex says:

    Terima kasih atas tutornya…mantaps sekali, dari dulu saya cari cari

    terima kasih mas

  2. RenXe says:

    sama2 ^^ seneng bisa bermanfaat😀
    mampir lagi yaa ^^

  3. fortuner says:

    Bro,
    Bisa tlg bantu address bar yg ter remove from toolbar?
    karena tanpa sengaja address yg di toolbar saya teremove, skrg mau browsing gak bisa tulis alamat websitenya.
    thanks

  4. RenXe says:

    buka menu Tools >> Appearance
    pilih tab Toolbar, beri tanda centang pada Address Bar

    Oh ya, tambahan, anda juga bisa mengatur letak address bar ini (dan juga toolbar2 lainnya) caranya : dalam keadaan menu setting toolbar belum tertutup, klik pada Address Bar. pastikan Address Bar dikelilingi warna kuning. Lalu pada menu setting toolbar, pada combobox Placement, pilih posisi yang diinginkan (Top, Left, Right, Bottom, atau Off)

  5. topijerami says:

    tengkyu brott, infona sngat mnarik serta mudah dpahami..
    sukses bwt nte

  6. rendra says:

    kl cara minimize browser n open new tab bagaimana caranya kl lewt hp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: