Bypass Blokade Internet [Part 1]

Sudah banyak contoh kasus dimana fasilitas internet yang diberikan oleh suatu lembaga entah itu kantor, sekolah, kampus, atau sebagainya, tidak pernah bebas digunakan, selalu ada peraturan dan pemblokiran. Banyak jenisnya, yang sering terjadi adalah beberapa situs tidak bisa dibuka, atau pemblokiran total dengan memberlakukan jam-jam tertentu dimana kita hanya bisa mengakses internet pada jam-jam tersebut, atau bahkan gabungan dari keduanya.

Tapi namanya manusia, satu jalan ditutup ya masih ada seribu satu jalan lain hehehe… Nah saya akan paparkan beberapa jalan untuk menembus atau mem-bypass pemblokiran kejam tak berperikemanusiaan ini, kasus demi kasus. Simak terus.

Kasus yang paling sering terjadi adalah pemblokiran alamat situs, dimana ketika kita membuka alamat situs tertentu, yang ada bukan situsnya yang kebuka, tapi peringatan bahwa situs bersangkutan telah diblokir. Hmmh…kesel ya?

Web Proxy

Cara paling mudah mengatasinya adalah dengan menggunakan web proxy. Definisi web proxy sendiri sangat panjang, tapi bisa dikatakan, proxy adalah “pelayan” yang meneruskan “pesanan” kita berupa permintaan membuka situs tertentu, dan menyajikan hasilnya kembali ke browser kita. Sedangkan web proxy berarti proxy tersebut berjalan pada protokol web, yaitu http. Bingung? Saya juga bingung gimana bikin penjelasan biar ga njelimet hehehe… Yak daripada pusing mari kita praktekkan langsung saja ya…

  1. Buka salah satu layanan web proxy yang beralamat di : http://lolxy.com
  2. Nampak ada sebuah textbox besar disitu, ketikkan alamat situs yang diblokir. simsalabim abrakadabra…salam jauh pemblokiran… ^^
  3. Ada beberapa option yang bisa dipilih, antara lain, mematikan javascript, mematikan gambar, dan lain2…cukup klik Options dan beri tanda centang pada setting yang ingin dilakukan.
  4. Anda bisa mencari web proxy selain lolxy yang banyak bertebaran di internet dengan bantuan simbah google dan keyword “web proxy”.

Kekurangan dari webproxy ini, beberapa halaman situs mungkin tidak terbuka secara sempurna, karena memang sang “pelayan” sudah melakukan beberapa perubahan sedemikian hingga seperti URL Encoding dan pengubahan nama2 file dependensi seperti file gambar, CSS, dan lain2. Yah namanya juga jalan belakang ^^ Kekurangan lain, waktu akses yang lebih lambat soalnya harus memutar melewati server proxy tersebut.

Software Proxy Chainer/Anonymity

Cara ini agak sedikit rumit namun hasilnya lumayan, web akan terbuka secara sempurna. Namun tetap, kecepatan akses juga agak sedikit turun karena lagi-lagi harus memutar melewati server proxy. Cara ini menggunakan software bantuan yang berperilaku sebagai “proxy chainer”. Tidak usah pusing dengan istilah aneh ini, langsung saja kita praktekkan.

  1. Download dan install software JAP/JonDo disini : http://anon.inf.tu-dresden.de/index_en.html
  2. Jalankan softwarenya, pastikan radio button Anonymity dalam keadaan On
  3. Tunggu sampai jarum meteran menunjukkan tingkat ke-anonimitian. Mungkin prosesnya agak lama, tergantung koneksi internet anda.
  4. Setting proxy browser anda sebagai berikut : Address : 127.0.0.1
    Port : 4001
  5. Test browsing, coba buka situs2 yang sebelumnya diblokir. Kalau semuanya berjalan lancar maka anda boleh mengucapkan bye-bye pemblokiran ^_*

JAP/Jondo telah terkoneksi dan siap digunakan

JAP/Jondo telah terkoneksi dan siap digunakan

    Itu tadi beberapa cara untuk membyass blokade. Ya, beberapa cara. Karena sesungguhnya ada buanyak sekali cara, tergantung kreativitas dan inovativitas anda ^^ Good luck and salam, Anonymity is not a criminal.

    I'm a wanderer of the seven kingdoms.

    Tagged with: , , ,
    Posted in Teknologi
    One comment on “Bypass Blokade Internet [Part 1]
    1. as says:

      Mas/ mbak, pas awal menjalankan jap kok sering error yah, katanya java not installed, padahal di paket instalasi kan sudah termasuk java, mohon pencerahan, terimakasih

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    Welcome!
    Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



    Use Google Chrome
    Community




    Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

    Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
    Archives
    Follow Xrismantos on WordPress.com
    %d bloggers like this: