IM2 Broom – Sierra Wireless 881U HSDPA Modem : Use Wireless Watcher instead of AT&T Communication Manager

Udah seminggu ini saya merasakan ngenet pakai paket 3G Indosat M2, atau dikenal juga dengan “Broom” (entah kenapa kok dinamai broom, padahal itu kan bahasa inggrisnya sapu😄 ) paket 2 GB – unlimited, 100.000 perbulan. Modemnya saya beli sendiri merek Sierra Wireless AirCard 881U kiriman dari jakarta seharga Rp. 900.000. Lumayan, kalau sore kecepatannya sungguh lelet kaya uler keket. Mungkin bener juga dikasih nama broom a.k.a sapu, soalnya orang nyapu kan ga boleh keburu2, harus pelan2 biar kotorannya selamat sampai tujuan di cikrak tercinta. Tapi kalau malam (eh pagi dink), sekitar jam 1 keatas, kecepatan mulai menggila, rekor saya download 30 KBps, melebihi kecepatan Speedy.

Sierra Wireless AirCard 881UNah, modem yang saya pakai ini di negeri asalnya sana dipegang (carrier) oleh provider telekomunikasi AT&T, sehingga default software yang terinstall adalah AT&T Communication Manager. Permasalahan dari software ini adalah sangat minimnya setting dan seringkali tidak stabil, hang ketika tiba-tiba koneksi IM2 terputus. Dan ini lumayan merepotkan, untuk bisa konek lagi saya kadang harus restart laptop, mana laptop saya ini karena sudah uzur maka proses shutdown dan booting pun lambat, bak putri solo yang bengkak kakinya gara2 kelamaan pakai high heels.

Solusinya, saya install software asli bawaan produsen modemnya yaitu buatan sierra sendiri, yaitu Wireless Watcher yang bisa didownload di situsnya disini. Atau bisa juga didapatkan di cd yang dibundle bersama dengan kemasan modemnya. Sampai saat tulisan ini dibikin, sofware ini udah mencapai versi 3.1 dan penambahan tampilan baru. Untuk menginstallnya, tidak perlu meng-uninstal AT&T Communication Manager, asal jangan dijalankan dua-duanya, bisa2 modemnya bingung dikejar2 dua lelaki, eh, software yang semuanya pengen berhubungan dengannya hihi… Namun biar komputer anda rapih, mendingan uninstall aja AT&T nya.

Dan setelah saya rasa-rasakan, coba-cobakan, cicip-cicipkan, pikir-pikirkan, banding-bandingkan, dan segala “kan-kan” yang lain, saya simpulkan memang software bikinan Sierra ini lebih stabil, intuitif dan lebih banyak setting yang bisa dilakukan (customizeable) daripada bawaan AT&T. Satu fitur yang saya suka, dia bisa diatur untuk hanya menerima sinyal 3G saja, atau GPRS saja, atau dua-duanya. Terasa benar mafaatnya karena modem hanya mencari sinyal 3G meski lebih lemah daripada GPRS padahal sebelumnya saya sering mengalami tiba-tiba sinyal berpindah ke GPRS padahal udah susah2 nyambung ke 3G.

Download firmware dan watcher disini >>

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , , ,
Posted in Teknologi
11 comments on “IM2 Broom – Sierra Wireless 881U HSDPA Modem : Use Wireless Watcher instead of AT&T Communication Manager
  1. wah…thanx yah…setelah watcher nya diupadate menjadi R3.1.0.6.1986 koneksinya jadi lebih stabil🙂

  2. RenXe says:

    sipp boss…sy juga merasakan demikian.
    oh ya, ada trik buat nge-unlock fasilitas HSUPA loh, kecepatan downlink up to 7 MBps, jauh lebih cepet dari HSDPA yg cuma 3,6 MBps. ntar sy post gimana caranya.

    Tapi sia2 aja toh di indo sini blom ada operator yg dah pake HSUPA. itu pula M2 unlimited cuma 256 kbps😀

    EDIT :
    Unlock HSUPA –> http://renxe.co.cc/2009/02/unlock-hsupa-sierra-881u-modem-downlink-up-to-7-mbps/

  3. user says:

    permisi mas bro,, mw tanya klw modem sierra 881 U malfunction kenapa y>>???? ga bs koneksi ke internet,,, mohon pencerahannya

  4. RenXe says:

    malfunction?
    wah ada beberapa kemungkinan penyebab…
    mungkin firmware anda perlu update?
    atau coba install ulang drivernya?
    atau coba dengan kartu lain?

  5. Pujiono says:

    bang makasih banyak..
    tp punya saya uda di coba tapi ttp aja g bs,MMC nya 00000 trz…
    gmn y?

  6. RenXe says:

    MMC 00000 apa bang? coba diperjelas gimana masalahnya?

  7. RenXe says:

    thanks for the info. tp kasus sy ini kayanya bukan karena eksploit, karena sudah saya cek di port aktif, scan dgn hijackthis, tidak ada aktifitas apa2. dan kejadian serupa juga dialami teman saya yang memakai modem sierra, dengan koneksi t-flash.

  8. jony says:

    Halo Bro..ikut berbagi nih..kebetulan saya pake Sierra 881 u Gps jg,dengan 3G watcher new dr Sierra.. tp masalah dalam minggu ini Modem saya bisa connect tetapi tidak bisa membuka Web page dengan pembuka Browse manapun…saya kebingungan dengan mencoba configurasi seluruh setingan..sampai2 format window..tetapi masalah tetap sama…akhirnya saya terpikir untuk mencoba software AT&T Communication manager..akhirnya masalah tersebut selesai..akhirnya T-Sel unlimited saya dapat lancar kembali..Trims..

  9. suryana says:

    mau tanya kalo o/s-nya XPhome,apa bisa pake sierra? kalo enggak bisa musti diapain?
    trims

  10. RenXe says:

    @ jony : saya juga bro, ketika pake flash, ga bisa konek pake 3G watcher. padahal settingan udah sy sesuaikan semua. sy juga heran. padahal pake bawaan AT&T lancar2 aja. kira2 kenapa ya…

    @ suryana : OS XPhome itu apa mas? distro linux? kemungkinan bisa, asal ada drivernya. coba cari di situsnya sierra http://www.sierrawireless.com

Leave a Reply

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
