Progress Bar Opera – Ketahui Apa yang Sebenarnya Terjadi

operalogoSatu fitur yang sangat saya sukai dari browser Opera adalah, progress bar yang menampilkan informasi tentang apa yang sedang dilakukannya saat loading satu halaman.

Semua dari kita pasti pernah mengalami suatu halaman web lamaa sekali diproses, bahkan ngga akan pernah tampil sampai tombol refresh ditekan. Nah, pernahkah terpikir, apa yang sedang dilakukan browser saat memproses loading halaman tadi? Apa benar dia melakukan tugasnya? Apa karena memang internetnya sedang lemot? Atau bahkan ngga konek sama sekali? Atau si oom browser tersesat dan ga tau jalan menuju situs yg diinginkan? Kita ngga pernah tahu, yang kita lakukan hanya menunggu sampai halaman terbuka, atau akhirnya harus menekan tombol refresh, dan mungkin paling parah, melempar mouse ke arah monitor saking sebelnya loading ga selesai2 hehehe… *jangan atuh, monitornya kasih saya aja, masih ada harganyaūüėÄ

Nah, coba tengok fitur progress bar yang dimiliki browser Opera ini. Sekelumit informasi namun cukup jujur menginformasikan kegiatan si oom browser, bahkan kecepatan “lari” nya alias kecepatan browsing saat itu pun dia laporkan. Kok bisa gitu? Gimana cara pakainya? Ikuti terus tulisan ini.

Tips ini bisa diterapkan untuk segala versi opera mulai dari versi 7 keatas. Mulai opera versi 8 keatas, progress bar ini diganti menjadi simple progress bar yang muncul pada adress bar. Gimana cara namipilinnya? Simak langkah2nya berikut ini.

1. ¬†Buka menu Tools >> Appearance… kemudian buka tab Toolbars

2.  Pada combo box Progress Bar, pilih Pop-up at bottom. Klik OK

Selesai. Anda memang ngga akan melihat apa-apa saat ini karena memang tidak ada halaman yang harus di-load. Jadi, sekarang coba buka salah satu situs favorit anda, boleh apa saja, buat percobaan kalo bisa situs yang loadingnya tergolong berat sekalian. Saat anda menekan enter, perhatikan di bagian bawah jendela akan muncul sebuah progress bar dengan beberapa patah kata diantaranya. Mari kita telusuri apa makna dari kata2 tersebut :

opera-snap1

Perhatikan bagian-bagian yang saya lingkari dan beri nomor diatas, eits itu bukan nomor togel yang keluar bulan ini lho he he..tapi untuk memudahkan saya memberi penjelasan, yaitu sebagai berikut :

1.  Menunjukkan apa yang sedang dilakukan browser saat ini. Ada beberapa jenis yang akan sering anda dapati antara lain :

  • Looking up hostname renxe.co.cc, Maksudnya adalah Opera sedang mencari alamat IP dari sebuah host. Bisa diibaratkan, dia sedang “mencari dimana sang situs berada” dengan mengontak DNS server.
  • Connecting to remote host renxe.co.cc, Ketika Opera sudah berhasil mendapatkan alamat IP, dia akan mencoba melakukan koneksi ke server situs bersangkutan.
  • Sending request to renxe.co.cc, proses koneksi berhasil, Opera berusaha mengirimkan rekues tentang halaman yang ingin dibuka dan meminta server menyediakannya.
  • Receiving data from renxe.co.cc, web server sudah memahami permintaan browser dan mengirimkan hasilnya. Pada saat ini kita biasanya sudah dapat melihat berapa kecepatan browsing kita saat ini.
  • Completed request from renxe.co.cc, transfer data dari server telah selesai, dan selanjutnya tergantung tugas browser untuk mengatur tampilan halaman, atau meminta request lagi.

2.  Waktu yang ditempuh mulai saat pertama kali halaman diproses.

3.  Kecepatan browsing saat meload halaman bersangkutan

4.  Total besar file yang telah ditransfer

5.  Jumlah elemen seperti gambar, dan lain2

6.  Prosentase dokumen yang telah dibuka

Nah, sekarang kita sedikit mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di balik layar (sedikit, karena memang sebenarnya lebih banyak lagi yang terjadi ketika proses loading suatu halaman terjadi). Bukan hanya berpasrah diri menunggu halaman selesai di-load, bahkan kita bisa melakukan sedikit diagnosa melalui progress bar Opera ini.

1.  Looking up hostname terus-terusan : kemungkinan besar situs yang dituju tidak ada, tidak ditemukan, atau komputer anda tidak terkoneksi dengan DNS server. Bisa juga koneksi internet anda terhenti.

2. ¬†Connecting to remote host lamaa banget : Opera sudah mengetahui alamat IP situs, tapi belum berhasil melakukan koneksi. Bisa jadi internetnya memang lagi “ngga sanggup” atau serve web bersangkutan lagi down.

3. ¬†Halaman belum muncul tapi Opera sudah melaporkan Completed request, bisa jadi koneksi terputus ditengah jalan, atau webserver yang berhenti memberikan data, atau bisa juga, internet lagi lemotūüėÄ Sebagai catatan, status competed request ini cukup jarang muncul, kecuali pada koneksi internet yang tidak stabil/putus-putus.

Nah, lumayan kan, ngga bego dan ngamuk2 lagi saat nunggu lamanya pembukaan suatu situs, dengan laporan khusus dari oom Opera ini setidaknya  kita tahu apa yang kira-kira menyebabkan halaman ngga bisa dibuka, tapi malah menampilkan error, 404 misalnya.

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: ,
Posted in Teknologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: