Efek Tugas Akhir yang masih tersisa

Meski udah 1 bulan berlalu sejak sidang TA sampai tulisan ini dibuat, namun beberapa efeknya masih terasa sampai sekarang. Diantara sekian efek yang paling berpengaruh adalah, perubahan ritme hidup.

Tidak berubah drastis, namun saya terpaksa harus hampir kehilangan waktu untuk kegiatan rutin yang berpengaruh dengan hobi saya. Dulu ritme hidup saya cukup tertata rapih. Selalu ada alokasi waktu untuk nonton anime, main game dan baca komik. Meski ditengah-tengah kesibukan kuliah, saya selalu luangkan waktu untuk diri saya sendiri.

Namun semuanya berubah ketika jadwal sidang TA semakin dekat, apalagi waktu itu sy sempat nyambi kerja padahal lagi ruwet2nya kegiatan TA, bimbingan, nyusun laporan, dan lain2. Saya tak menyangka meskipun kerja sambilan, jadi programmer membuat saya terikat dan tidak bisa “bergerak”. Dari situlah saya mulai kehilangan arah, 24 jam saya gunakan 40% untuk kerja, 20% untuk urusan TA dan 30% untuk tidur dan kegiatan pokok untuk menyambung hidup (makan, mandi, buang air dan sebagainya) 10% saja waktu untuk diri sendiri, dan itu tidak pernah mencukupi. Saya mulai tertinggal dengan berita2 terkini mengenai anime dan manga…saya lupa apa anime terakhir yang pernah sy tonton, manga yang saya baca, episode berapa..chapter berapa…seakan saya bukan lagi saya yang dulu. Sayapun mulai jarang aktif di forum-forum dan akhirnya saya benar2 berhenti dengan kegiatan ber-forum.

Saat ini saya sedang berusaha mengembalikan ritme hidup yang sempat kacau. Saya mulai dengan merintis untuk baca komik lagi…meskipun untuk anime saya belum sanggup untuk mengatur waktu mengingat biasanya sehari saya bisa habiskan 6-12 episode sekaligus. Padahal sebenarnya saya punya banyak sekali waktu luang untuk saat ini. Namun entah kenapa sindrom TA (begitulah saya dan teman2 menyebut efek TA ini) ini membuat saya selalu saja ter-distraksi dan muncul rasa malas untuk “menekuni” kegiatan-kegiatan saya di masa lalu. Selain manga (atau komik) saya mulai buka-buka forum lagi (makasih buat nyanya yg udah “memancing” kembalinya saya di IA karena fanfic bikinanmu yang kacau itu😀 )

Yah…semoga tidak ada sindrom susulan lagi yang sejenis atau bahkan yang lebih parah… ^^ Perjalanan mengembalikan jati diri pun dimulai…

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , ,
Posted in Catatan Kecil
4 comments on “Efek Tugas Akhir yang masih tersisa
  1. top10anime says:

    wah.. semoga sukses ya boss..

  2. immoz says:

    wah aku ja belom TA masih semester 3 tapi hidupku rasanya seperti chaos. ku harus lebih pandai atur waktu nih…

  3. redesya says:

    Kakak harus pande atur waktu, eh jangan lupa waktu istirahat juga harus diperhatikan…

  4. renxe says:

    @ top10anime : yap, makasih..😀

    @ immoz : iya, asal pinter ngatur waktu, ga akan terjadi hal2 yang tak diinginkan

    @ rara : iya nih dah kebiasaan jadi manusia kelelawar😀 harus mengubah pola hidup nih..

Leave a Reply

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
