Tulisanku yang Melanglang Buana

Iseng-iseng searching di google, secara tidak sengaja saya menemukan sebuah tulisan dari sebuah blog yang sama-sama dari wordpress juga, dengan judul dan “caption” alias potongan kata2 yang mirip dengan posting yang pernah saya buat.

Karena penasaran, saya klik hasil pencarian google tersebut untuk melihat isi dari tulisan.
Ternyata benar, 100% persis dengan tulisan saya. Tidak ada yang berubah satu huruf maupun satu tanda baca pun.

Well…dalam hati saya hanya berpikir : wah tulisan yang saya buat ternyata bisa bermanfaat juga buat orang lain, sampai2 mereka mengambilnya begitu saja tanpa menyertakan siapa penulis sebenarnya, atau dalam dunia maya dan hak cipta disebut juga credits.

Saya tidak marah, tidak juga melarang tulisan saya dimuat dan disertakan di media lain, malah saya senang karena ilmu yang dibagikan tidak akan berkurang justru semakin berlipat-lipat. Hanya saja coba sertakan siapa penulis aslinya. Hal yang sama banyak juga berlaku di forum-forum dan media komunitas lain, dimana sudah menjadi aturan tak tertulis yang wajib ditepati (jika tidak ingin disebut script-kiddies, leecher, pirater, copycat, dll) jika menyertakan hasil karya orang lain, maka sertakan nama pembuatnya sebagai credit. Ngga susah koq dan ngga akan memperjelek tampilan situs anda. Justru anda akan semakin disenangi oleh pembaca maupun penulis yang anda sadur hasil karyanya.

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , ,
Posted in Pemrograman, Sekitar Kita
4 comments on “Tulisanku yang Melanglang Buana
  1. redesya says:

    melanglang buana sampai mana saja kak? btw aku juga suka baca tulisan kak renxe…

  2. renxe says:

    sama2 wordpress juga. tadinya aku kasih link ke situs dia, tapi anehnya tau2 udah ilang aja posting kopi paste itu. dihapus kynya begitu tau ke-gep.

    wah makasih ya udah suka baca2 tulisanku yang berantakan ini ^^ tulisan rara jg asik lho…

  3. immoz says:

    iya tulisanku kadang juga dipakai… ya sama sih gak marah, tapi mereka melakukannya diam-diam tanpa konfirmasi… kalo creditnya biasanya sih ada ada linknya tapi ya tetap aja… waktu itu ke blogspot, ada juga yang di wordpress juga… kenapa ya mereka suka ngopi gitu?

  4. renxe says:

    iya ya…yah tp diambil positifnya aja, berarti tulisan kita cukup berbobot dan diakui ^^
    mungkin kesadaran mengenai hak cipta aja yg perlu ditingkatkan…

Leave a Reply

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
