Malang Kota Debu

Entah sejak kapan kota ini menyandang kehormatan sebagai kota debu. Mungkin orang lain mengernyitkan dahi dengan sebutan ini. Yah…memang ini sebutan dari saya sendiri untuk kota yang hampir tiap hari dilanda hujan abu dari gunung terdekat, Semeru.

Sebagai akibat dari hujan ini, jika sehari saja seisi rumah tidak dibersihkan (minimal disapu) maka dijamin besoknya debu setebal beberapa sentimeter telah mengendap (jangan kaget, ini cuma suatu bentuk hiperbola). Hal ini yang pertama kali saya dapati ketika pulang dari Bandung. Terlebih lagi di lantai 2 yang jarang dijamah oleh penduduk rumah. Well….kost2an saya yang di Bandung aja sekotor2nya ngga nyampe berdebu seperti ini.

Akibat lain dari hujan yang berupa butiran2 debu kecil dan halus ini, mata saya berkali-kali kelilipan saat mengendarai motor. Ironis juga. Padahal saya udah pake kacamata. Bahkan visor helm pun saya kenakan tapi masih aja kelilipan. Apa mata saya ini magnet bagi debu-debu? tapi untunglah…andaikan mata ini magnet bagai cewek2, jadinya saya kelilipan cewek terus (ga kebayang gimana rasanya mata kemasukan manusia)…hihihihi….

Pernah kelilipan yang paling parah, mata sebelah kanan saya sampai merah merona, rasanya ada sesuatu yang mengganjal di kornea. Dipejamkan ga enak, dibiarkan melek juga pedes…air mata keluar terus tanpa henti, dikasih obat tetes juga ngga ngefek. Segala macam cara udah saya coba termasuk minta tolong ditiupkan dengan harapan debunya bisa tersingkir, tapi tetep aja. Sepupu saya pernah bilang, celupkan seluruh wajah dengan mata terbuka di bak mandi. Hasilnya nihil, malah saya dimarahin ibu gara2 bak mandi buat nyelupin kepala. Padahal besoknya harus berangkat ke Surabaya dan malam itu harus menyelesaikan buku Proyek Akhir untuk diserahkan revisinya.

Akhirnya saya biarkan saja…untungnya malam itu tubuh udah saking capeknya hingga bisa tidur nyenyak tanpa peduli masalah mata. Besok paginya mata saya masih terasa pedas, tapi rasa mengganjal sudah hilang.

Oh ya, efek lainnya, bersin-bersin tiada henti. Saya memang alergi dingin dan debu. Dan kota ini memang menginginkan saya pergi dari sini sepertinya. Soalnya selain debu, Malang juga semakin dingin belakangan ini… Kisah tentang Malang kota yang dingin pernah saya tulis disini >>

Yah semoga saja dari debu ngga tambah parah jadi hujan pasir…trus tambah lagi hujan kerikil…kemudian hujan batu..wah bisa gawat banget😀

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: ,
Posted in Catatan Kecil, Sekitar Kita
10 comments on “Malang Kota Debu
  1. immoz says:

    waks, fotonya menakutkan… kayak mau kiamat ^^ btw, aku juga alergi debu, suka bersin2 gitu… jadi males bersihin kamar kos (halah, alasan….) tapi bener aku alergi debu!

    wait… itu beneran foto kota malang?

  2. renxe says:

    sama donk kita😀 debu emang menyusahkan…tapi kalau tidak ada debu kasihan pabrik2 sapu dan vacuum cleaner kehilangan pembeli😀

    foto itu? bukan asli, dapet dari googling hehehe…
    kalo nyampe kaya gitu beneran mendingan ngungsi aja dari sini ^^

  3. redesya says:

    Iya..,aku suka bersin-bersin kalau kena debu, tapi aku juga alergi dingin. Malang sama blitar dingin mana? Kalau aku jadi ibunya juga akan marah, minta kamu bersihin bak mandi hahaha… ada2 aja, ada koq cairan buat bersihin mata di apotik.

  4. renxe says:

    hahaha sama juga ya…paling parah tiap abis renang, tangan dan kaki rasanya gatal semua. bukan karena airnya yg kotor, tapi perubahan suhu dari dingin ke hangat..

    malang sama blitar…dingin malang deh kayanya..
    redesya orang blitar kah?

  5. redesya says:

    Bukan, aku bukan orang blitar, tapi temanku sering cerita kalau di blitar dingin banget gitu..

  6. renxe says:

    ohoo…coba suruh main ke malang…mungkin akan mengubah pendapatnya😀
    Bandung juga dulu dingin…tapi sekarang panas…cuma daerah yg tinggi2 aja yg dingin..

  7. mrs.children says:

    waahh..belom pernah ngerasa ujan debu, ktnya di bandung juga pernah ujan debu kan ya? gr2 meletus gunung apa gitu *lupak* mamah saia sih yg ngalamin ^^

    ….Kota yg berdebu, malang sekali…*loh?*

  8. renxe says:

    wah selama di bandung blom pernah ngalamin hujan abu sih….tp yg jelas ga enak banget rasanya…semuanya jadi terasa berdebu…

  9. lemantra says:

    kl d 4 w g musim hujan…..eju… hk hk hk hk

  10. cantiq says:

    buset kota gw tuch !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    astaghfirullah haladzim …………………

Leave a Reply

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
