Convert Video Format dengan SUPER

Tutorial ini hanyalah satu dari sekian banyak tutorial-tutorial lain tentang konversi video (atau video encoding) yang tersebar di hampir seluruh penjuru jagat maya tapi saya mencoba (sebisa saya) membahasnya lagi dengan sesederhana dan semudah mungkin..hmm…doakan saya berhasil ya uehuehuee…

Anyway tutorial ini dibuat atas request seorang teman, tapi semoga bisa berguna bagi kita2 juga ^^

SUPER dari eRightSoft bisa didapatkan dengan download secara cuma-cuma (for non-comercial use) di alamat :http://www.erightsoft.com/SUPER.html

Aslinya SUPER ini adalah tool berbasis command line. Tapi kemudian oleh eRightSoft dibuatkan GUI yg tujuannya untuk mempermudah pemakaian saja. Meskipun tampilannya sederhana, tapi bisa dibilang ini tool yang paling powerful untuk melakukan kegiatan encoding-ria.

Oke mari kita mulai.
Sebagai percobaan saya akan mengkonversi sebuah file video klip dari Bank Band : Harumatsu Ibuki dengan besar file 85.458 KB dengan tujuan mengecilkannya dengan menurunkan sedikit kualitas video dan suara, tapi sebisa mungkin hasilnya masih bisa diterima “akal sehat” alias ngga jelek2 amat😀

Ini adalah tampilan dari SUPER :

Ada banyak sekali tombol2 yang membingungkan, tapi cukup 5 bagian penting yang perlu diperhatikan, yang sudah saya tandai diatas.

1. Codec Options, ini menentukan container file (atau gampangnya, ekstens file-nya) yang nanti dihasilkan dan codec video dan audio yang akan dipakai. Disini kelebihan SUPER karena dia mendukung banyak sekali pilihan codec dan container yang bisa dipakai. Tapi dalam tutorial ini kita pakai yang “umum” saja. Oke pada bagian ini setting aja sbb :

  • Output Container : avi
  • Outuput Video Codec : XviD atau Divx
  • Output Audio COdec : mp3

2. Video bitrate, ini bagian yang paling menentukan besar file yang akan dihasilkan. Bitrate berhubungan langsung dengan kualitas video. Semakin besar maka semakin bagus tapi semakin besar pula ukuran file. Untuk tutorial ini pilih 768.

Angka ini bukan angka “keramat”, melainkan berdasarkan pengalaman, angka ini menghasilkan file yang relatif kecil dengan kualitas video yang lumayan. Biarkan centangan dan option2 yang lain dalam keadaan default. Perlu diingat bahwa jika bitrate ini lebih tinggi dari bitrate video aslinya, maka ngga akan terjadi perbaikan kualitas, yang ada hanyalah pembengkakan ukuran file.

+ NB : Framerate adalah jumlah frame yang ditampilkan per-detik. Semakin kecil maka video akan terlihat patah-patah. Semakin besar akan terlihat mulus, namun file yang dihasilkan juga semakin besar. Standardnya pilih saja 25 atau 30.

3. Sampling, ini adalah frekuensi sampling audio. Bukan setting yang penting, biarkan default saja. Biasanya standard telinga manusia set ke 44100 atau 48000.

4. Audio bitrate sama dengan video bitrate, semakin besar semakin baik. Pilih 96 atau 128.

5. Setelah keempat setting selesai, sekarang saatnya memasukkan file yang akan di-encode.

  • Drag and drop ke list yang disediakan, atau klik kanan >> Add Multimedia File(s) atau tekan Ctrl + A.
  • Untuk setting dimana meletakkan file yang akan dihasilkan, klik kanan >> Output File Saving Management atau tekan Ctrl + T.

6. Yak, siap untuk melakukan proses encoding. Pastikan file yang akan diproses udah dalam keadaan tercentang. Klik Encode (Active Files) untuk memulai encoding.

Siapkan secangkir kopi dan sebungkus keripik singkong atau camilan2 lain karena waktu encoding biasanya lama, tergantung durasi video dan hardware komputer anda.

Dengan setting yang sama dan saya lakukan encoding, file yang dihasilkan adalah sebesar 36.090 KB dari file semula yang 85.458 KB.

Komentar dan pertanyaan diterima dengan senang hati ^^

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: , , ,
Posted in Multimedia
3 comments on “Convert Video Format dengan SUPER
  1. renxe says:

    sipp😀
    selamat mencoba

  2. beep says:

    kok di punya saya ngga ada option encode, play, player options, (step 6) ya? tolong dibantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: