Ada Apa dengan Seragam Sekolah di Indonesia?

Mengapa seragam sekolah di indonesia desainnya begitu-begitu aja?

😀

mungkin salah satu faktor yang membuat seragam sekolah di Indonesia gitu2 aja (terutama sekolah negeri) adalah filosofi pemerintah yang tidak ingin membeda-bedakan antara orang kaya dan yang pas2an.
termasuk juga untuk tidak membedakan mana murid dari sekolah bagus dan yang tidak. atau bisa juga karena untuk membuat seragam yang aneh2 diperlukan biaya yang lebih oleh karena itu hanya sekolah2 yang kaya (atau mahal SPP-nya) yang bisa mengakomodasinya. alhasil hanya anak orang2 kaya saja yang bisa bersekolah disitu. kembali lagi ke masalah kesenjangan sosial.

padahal dengan adanya seragam yang unik dan sedap dipandang, ada beberapa keuntungan antara lain :
1. jadi lebih semangat berangkat sekolah
2. ada kebanggaan tersendiri terhadap almamater
3. memberikan “warna baru” pada dunia pendidikan. misal nantinya bisa ada lomba kreatif2an seragam sekolah, dll..
4. secara tidak langsung menunjukkan kredibilitas sekolah bersangkutan
5. ada lagi yg mau nambahin?

beberapa sekolah swasta disini juga sudah mulai banyak yang membuat desain seragam mereka sendiri yang unik. dan hasilnya, ada kesan eksklusif tersendiri disana.

mungkin kalau tiap sekolah diberi otonomi tersendiri untuk membuat desain seragam mereka sendiri, tak lama kemudian muncul desain2 cute seperti yang biasa kita lihat di sekolah2 jepang/korea. yah tapi dengan mempertimbangkan konsekuensi2 yang udah disebutkan diatas ^^

I'm a wanderer of the seven kingdoms.

Tagged with: ,
Posted in Sekitar Kita
6 comments on “Ada Apa dengan Seragam Sekolah di Indonesia?
  1. bobotnya biaya ajah sebenernya.. gw juga pengen dah klo lucu2 seragamnya..
    sayang, udah kuliah😦 smoga di generasi mendatang terwujud..
    *bwt anak2 gw ntar.😆 *

  2. Hmm… Terkena pengaruh jejepunan ini…
    Klo seragam enakan kuliyah, mo pake apa aja bebas asal sopan…:mrgreen:

  3. renxe says:

    @ dhez : iya sayang udah bukan generasi kita lagi kakaakk…tapi menyenangkan kayanya liat adek2 kelas pake seragam nan lucu2😀

    @ adit : kalo itu sih bukan seragam hueheue…tapi gimana ya kira2 kalo anak kuliahan jg harus pake seragam kakakkak…

  4. eikichionizuka says:

    mungkin biar terjangkau harganya kaleeeeee.

    Oh iya coba kalo seragam anak sekolah di indo dibuat kaya seragam sekolah di jepang sono khusus buat siswi cewenya lho^^

  5. FIFers says:

    Nice site..saya link sitenya ya…thanks

  6. FIFers says:

    Terima kasih juga sudah memberi komentar di site saya sebelumnya !
    Oh ya..mungkin bukan desain seragam yang lebih diutamakan. Coba deh..kalau si mbak ada tau sistem pendidikan di luar negeri yang mungkin cocok di aplikasikan ke sistem pendidikan di Indonesia, mungkin lebih baik.
    Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Welcome!
Hi! My name is Ridwan. This is my blog, I hope you enjoy it. You can also find me there:



Use Google Chrome
Community




Tugupahlawan - Komunitas Blogger Surabaya

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang
Archives
Follow Xrismantos on WordPress.com
%d bloggers like this: